PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA KEMEJA ANAK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS X BUSANA BUTIK SMK DIPONEGORO DEPOK

Estri, Wiyani (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA KEMEJA ANAK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA ANIMASI PADA SISWA KELAS X BUSANA BUTIK SMK DIPONEGORO DEPOK. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Estri Wiyani 08513242016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) melaksanakanpembelajaran dengan media animasi pada pembelajaran membuat pola kemeja anak pada siswa kelas X busana butik di SMK Diponegoro Depok; 2) meningkatkan kompetensi membuat pola kemeja anak melaui pembelajaran dengan media animasi pada kelas X busana butik di SMK Diponegoro Depok; 3) mengetahui pendapat siswa kelas X busana butik SMK Diponegoro Depok terhadap penerapan media animasi pada pembelajaran membuat pola kemeja anak dengan media animasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari (1) Perencanaan, menyusun rancangan tindakan; (2) Tindakan, pelaksanaan pembelajaran sesuai prosedur yang ada di sekolah; (3) Pengamatan, kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh pengamat pada waktu tindakan berlangsung; (4) Refleksi, mengkaji secara menyeluruh tindakan yang telah dilakukan dari data yang telah terkumpul. Subjek dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas X busana butik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengumpulkan data selama berlangsungnya tindakan melalui pembelajaran dengan media animasi, lembar penilaian tes untuk penilaian unjuk kerja dan angket pendapat siswa tentang media animasi yang diterapkan. Data yang diperoleh berupa kualitatif yang dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Uji validitas instrumen penelitian dilakukan berdasarkan judgement expert dan uji reliabilitas menggunakan rumus presentase seluruh butir pernyataan dari keseluruhan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran dengan media animasiamatan siklus I ( 79,64% ), meningkat pada siklus II ( 90,74% ). 2) Peningkatan hasil belajar praktek membuat pola kemeja anak siswa berdasarkan KKM pada pra tindakan dengan rata-rata kelas 69,88 ( 40,7% ) pada siklus I meningkat dengan rata-rata kelas 71,6 ( 62,9% ) dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata kelas 74,05( 92,5% ); 3) Pendapat siswa tentang penerapan media animasi pada pembelajaran membuat pola kemeja anak di SMK Diponegoro Depok berada pada kategori senang ada 20 siswa dengan persentase 74,08 %, cukup senang ada 7 orang siswa dengan persentase 25,93 %, sedangkan kategori tidak senang tidak ada ( 0% ) .

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran Animasi, hasil belajar praktek
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jun 2015 02:51
Last Modified: 04 Mar 2019 06:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20275

Actions (login required)

View Item View Item