PERSEPSI GURU TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR GUGUS ANGGREK KECAMATAN WONOGIRI KABUPATEN WONOGIRI

Sumantri, Adinugroho (2014) PERSEPSI GURU TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR GUGUS ANGGREK KECAMATAN WONOGIRI KABUPATEN WONOGIRI. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Sumantri Adi Nugroho.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik persepsi guru tentang pendidikan karakter guru sekolah dasar Gugus Anggrek Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru sekolah dasar Se-Gugus Anggrek yang berjumlah 80 guru, baik berstatus negeri maupun swasta. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument penelitian berupa kuosioner berbentuk angket dan wawancara semi terstruktur. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: persepsi guru tentang pendidikan karakter sekolah dasar Gugus Anggrek Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri berada pada kategori “sedang”. Hal ini dikarenakan guru sudah memahami teori pendidikan karakter namun pada penerapannya dalam KBM di sekolah belum seluruhnya optimal. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan karakter, Faktor pendukung : (1) fasilitas; (2) lingkungan; (3) kerjasama dan komunikasi; (4) tanggung jawab. Faktor penghambat : (1) minimnya sosialiasi; (2) lemahnya kepemimpinan; (3) lemahnya kegiatan rutin; (4) lemahnya kegiatan spontan guru. Kata kunci : Persepsi, Guru, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:27
Last Modified: 29 Jan 2019 23:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20269

Actions (login required)

View Item View Item