REKAYASA MEDIA PEMBELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN BERBASIS SOFTWARE ADOBE FLASH CS3 PROFESIONAL DI SMK MUHAMADIYAH PRAMBANAN

Ervan, Yunanda (2015) REKAYASA MEDIA PEMBELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN BERBASIS SOFTWARE ADOBE FLASH CS3 PROFESIONAL DI SMK MUHAMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Ervan Yunanda 08503241035.pdf

Download (41MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK REKAYASA MEDIA PEMBELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN BERBASIS SOFTWARE ADOBE FLASH CS3 PROFESIONAL DI SMK MUHAMADIYAH PRAMBANAN Oleh: Ervan Yunanda NIM: 08503241035 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses rancangan media pembelajaran berbantu komputer di SMK Muhamadiyah Prambanan pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin(PDTM), (2) mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dibuat tersebut, (3) mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran PDTM di SMK Muhamadiyah Prambanan. Rekayasa media pembelejaran ini menggunakan pendekatan penelitian Research and Development. Tahap pengujian kelayakan meliputi uji validasi ahli, uji terbatas, dan uji luas. Metode yang digunakan untuk menganalisis data kelayakan adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Pengujian efektivitas media pembelajaran menggunakan metode pretest-posttest dengan bentuk tes tertulis pilihan ganda dan untuk menganalisis data efektivitas media menggunakan Statistic Nonparametris Mann-Whitney U-Test. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) media pembelajaran yang dibuat memiliki spesifikasi resolusi tampilan 600x800pixel dengan file utama berupa aplikasi(.exe) dengan ukuran keseluruhan file 60,8 megabyte. Media pembelajaran ini melalui beberapa tahap yakni analisis kebutuhan, desain, pembuatan produk awal, uji validasi ahli, revisi tahap 1, uji coba produk, revisi tahap 2, dan penerapan; (2) hasil penilaian ahli media 76,11% dengan kategori “baik”, penilaian ahli materi 88,84% dengan kategori “sangat baik”, uji coba terbatas 77,34% dengan kategori “sangat baik”, dan uji coba luas 80,29% dengan kategori sangat baik”. Secara keseluruhan kelayakan media pembelajaran ini termasuk dalam kategori sangat baik; (3) dari hasil analisis uji hipotesis yang dilakukan, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan media flash dengan siswa yang tidak menggunakan media flash pada mata pelajaran PDTM di SMK Muhamadiyah Prambanan dimana selisih pretest-posttest kelas eksperimen(42,29) lebih besar dari selisih pretest-posttest kelas kontrol(32,27) yang berarti media yang dibuat tersebut efektif untuk dapat diterapkan di SMK tersebut. Kata kunci: media pembelajaran, tahap rekayasa, kelayakan, efektifitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jun 2015 02:41
Last Modified: 29 Jan 2019 23:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20267

Actions (login required)

View Item View Item