PERSEPSI PENGELOLA DAN ORANGTUA TERHADAP IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI SPS ASPARAGUS KENTUNGAN CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN

Ananda, Dwithia (2014) PERSEPSI PENGELOLA DAN ORANGTUA TERHADAP IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI SPS ASPARAGUS KENTUNGAN CONDONG CATUR DEPOK SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ANANDA DWITIHIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan persepsi pengelola (pengurus PKK) dan wanita yang mempunyai anak usia dini di Dusun Kentungan terhadap penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD); 2) mendeskripsikan persepsi orangtua peserta didik terhadap implementasi kebijakan PAUD di SPS Asparagus Kentungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah: 1) wanita yang mempunyai anak usia dini dan pengurus PKK yang berjumlah 72 orang; 2) orangtua peserta didik di SPS Asparagus yang berjumlah 56 orang. Sampel diperoleh berdasarkan tabel Krejcie dengan taraf kesalahan 5% dan taraf kepercayaan 95% terhadap populasi, maka diperoleh sampel: 1) untuk wanita yang mempunyai anak usia dini dan pengurus PKK berjumlah 59 orang; 2) untuk orangtua peserta didik di SPS Asparagus berjumlah 48 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling.Objek penelitian yaitu penyelenggaraan PAUD dan implementasi kebijakan PAUD. Metode untuk pengambilan data yaitu angket dan wawancara guna mendukung data kuantitatif. Uji validitas instrumen dan uji reliabilitas instrumen menggunakan Koefisien Alfa dengan SPSS 16.0. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskripstif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi pengelola (pengurus PKK) dan orangtua yang mempunyai anak usia dini di Dusun Kentungan terhadap penyelenggaraan PAUD pada kategori baik sebesar 48,90% dan kategori sangat baik sebesar 51,10%. 2) Persepsi orangtua peserta didik di SPS Asparagus Dusun Kentungan terhadap implementasi kebijakan PAUD pada kategori baik sebesar 76,19% dan kategori sangat baik sebesar 23,81%. Kata kunci: persepsi, implementasi kebijakan, pendidikan anak usia dini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:27
Last Modified: 29 Jan 2019 23:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20261

Actions (login required)

View Item View Item