PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN DASAR DESAIN PADA MATERI PRINSIP – PRINSIP DESAIN KELAS X SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Erma, Marthadinata (2015) PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN DASAR DESAIN PADA MATERI PRINSIP – PRINSIP DESAIN KELAS X SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Erma Marthadinata 10513241008.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL MATA PELAJARAN DASAR DESAIN PADA MATERI PRINSIP – PRINSIP DESAIN KELAS X SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA Oleh : Erma Marthadinata NIM 10513241008 ABSTRAK Tujuan Penelitian ini dirancang untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran modul pada mata pelajaran dasar desain pada materi prinsip – prinsip desain. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran modul prinsip – prinsip desain sebagai bahan ajar di SMK Negeri 4 Yogyakarta Pengembangan modul mata pelajaran dasar desain pada materi prinsip – prinsip desain kelas X SMK Negeri 4 Yogyakarta ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall dengan modifikasi dari Puslitjaknov yang meliputi tahap : 1) Analisis Produk, 2) Mengembangkan produk awal, 3) Validitas oleh ahli dan revisi, 4) Uji coba kelompok kecil dan revisi 5) Uji lapangan dan produk akhir. Proses validasi dilakukan oleh 3 orang ahli media dan 3 orang ahli materi. Uji kelompok kecil dilakukan dengan 10 siswa dan untuk uji lapangan dilakukan dengan 30 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian pengembangan modul mata pelajaran dasar desain pada materi prinsip – prinsip desain kelas X SMK Negeri 4 Yogyakarta ini adalah : 1) mengembangkan media pembelajaran dengan tahap : a) analisis produk dengan cara mengkaji kurikulum dan silabus, b) mengembangkan produk awal dengan cara menetapkan judul modul, menetapkan tujuan akhir modul, menetapkan kompetensi yang dipersyaratkan, menetapkan kerangka modul, mengembangkan materi yang akan dirancang, c) validasi ahli dan revisi dilakukan dengan cara meminta bantuan kepada para ahli untuk menilai modul dan melakukan revisi terhadap modul sesuai dengan saran para ahli, d) uji coba kelompok kecil dan revisi, dengan cara modul diujikan pada uji coba kelompok kecil dan melakukan revisi sesuai saran dari siswa pada uji coba kelompok kecil, e) uji lapangan dan produk akhir, modul diujikan pada uji lapangan dan menghasilkan produk akhir berupa modul prinsip – prinsip desain. 2) Kelayakan modul dinilai berdasarkan hasil uji lapangan yang menyatakan produk “sangat layak” dengan presentase 86,75%. Berdasarkan hasil dari uji keterbacaan siswa dapat disimpulkan bahwa modul prinsip – prinsip desain dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa kelas X SMK Negeri 4 Yogyakarta Kata Kunci :modul, prinsip-prinsip desain,kelayakan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jun 2015 02:36
Last Modified: 29 Jan 2019 23:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20260

Actions (login required)

View Item View Item