IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH TERBUKA DI SMP 4 PANDAK BANTUL YOGYAKARTA

Siti, Zubaidah (2014) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH TERBUKA DI SMP 4 PANDAK BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
siti zubaidah_10110244011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi Kebijakan Sekolah Terbuka di SMP 4 Pandak Bantul Yogyakarta; (2) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Implementasi Kebijakan Sekolah Terbuka di SMP 4 Pandak Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Setting penelitian, dilakukan di SMP 4 Pandak Bantul Yogyakarta. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah terbuka, wali kelas, guru, dan siswa. Teknik penentuan sampel adalah dengan metode purpossive sampling, dengan sampel berjumlah 16 orang, diantaranya adalah 1 orang kepala sekolah, 1 orang wakil kepala sekolah, 3 orang wali kelas, 3 orang guru, dan 8 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Sedangkan instrumen penelitian dengan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi Kebijakan Sekolah Terbuka di SMP 4 Pandak merupakan alternatif yang dilakukan untuk siswa yang kurang beruntung dalam mengikuti pendidikan di sekolah regular dengan memperhatikan kualitas pelayanan pendidikan. Dalam implementasinya SMP Terbuka memberikan: pelayanan pembelajaran yang setara dengan kelas reguler, membimbing siswa dalam bidang keterampilan, kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan pada jam siang, meningkatkan kepedulian kepada warga sekolah dan masyarakat disekitar sekolah dalam penyelenggaraan sekolah terbuka, menggunakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, keselektifan dalam menerima siswa baru, memberikan beasiswa bagi siswa terbuka. (2) Faktor Pendukung: tersedianya fasilitas yang disediakan oleh sekolah untuk kelancaran belajar siswa, pengarahan kepada siswa agar terus maju,guru-guru yang professional, daya tampung yang tidak terbatas, danpendidikan keterampilan/ lifeskill yang akan mendorong siswa untuk lebih berkembang. Faktor Penghambat: kurang pemahaman masyarakat mengenai kebijakan sekolah terbuka, banyak siswa yang bolos sekolah karena pendidikan untuk kelas terbuka dilaksanakan pada siang hari, banyak siswa yang tidak tertib, masih ada guru yang menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah. Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Sekolah Terbuka, SMP Terbuka 4 Pandak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:27
Last Modified: 29 Jan 2019 23:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20258

Actions (login required)

View Item View Item