KEBIJAKAN SEKOLAH UNGGULAN PASCA DIHAPUSKANNYA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KLATEN UTARA

Nur Fitri, Rahmawati (2014) KEBIJAKAN SEKOLAH UNGGULAN PASCA DIHAPUSKANNYA RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KLATEN UTARA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
nur fitri rahmawati_10110244015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan sekolah unggulan pasca dihapuskannya Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan pelaksanaan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, dan komite sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara, sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dengan teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan sekolah unggulan sebagai alternatif dihapuskannya RSBI merupakan keputusan yang diambil kepala sekolah SMK Muhammadiyah 1 Klaten Utara atas arahan dari pihak Dinas Pendidikan dengan berdasar Standar Nasional Pendidikan (SNP). (2) Pelaksanaan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang meliputi Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Pendidik, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, Standar Penilaian, secara keseluruhan berjalan dengan baik. Kata kunci: Kebijakan Sekolah, Sekolah Unggulan, RSBI.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:27
Last Modified: 29 Jan 2019 23:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20254

Actions (login required)

View Item View Item