Rohmah, Ismiatun (2014) BULLYING DI SD NEGERI GONDOLAYU KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
Text
rohmah ismiatun_10110241014.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bullying dan upaya penanganan yang sudah dilakukan di SD Negeri Gondolayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian kepala sekolah (key informan), guru, siswa, orang tua siswa, penjaga sekolah dan ibu kantin. Teknik pengumpulan: observasi, wawancara, dan studi dokumen. Untuk analisis: reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan: triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: Bullying di SD N Gondolayu disebabkan karena perbedaan usia, fisik, pengalaman, karakter dan latar belakang siswa. Bentuk bullying yaitu 1) fisik: memukul, menempeleng kepala, mendorong, menendang, menindih, menyundul kepala, nyrekal, melempar dengan bola, 2) non fisik berupa nama panggilan yang tidak layak, mengejek, memalak, dan mentheleng. Intensitas frekuensi bullying dapat terjadi 1-2 kali dalam sehari dengan orang yang relatif sama, kualitas bullying mulai dari ringan hingga sedang. Penanganan bullying meliputi penegakan tata tertib, pembinaan mental bagi pelaku dan korban, pengawasan agar tidak terulang kembali. Strategi guru kelas dalam penanganan bullying melalui kartu prestasi dan belajar jam ke 0 serta kerjasama dengan orang tua atau pihak terkait seperti psikologi Universitas Gadjah Mada, Rumah Sakit Bethesda dan Sardjito dan Kepolisian Sektor Jetis. Kata kunci : bullying, penanganan, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan |
Depositing User: | Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 11 Jun 2015 03:26 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20251 |
Actions (login required)
View Item |