BULLYING DI SD NEGERI GONDOLAYU KOTA YOGYAKARTA

Rohmah, Ismiatun (2014) BULLYING DI SD NEGERI GONDOLAYU KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
rohmah ismiatun_10110241014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bullying dan upaya penanganan yang sudah dilakukan di SD Negeri Gondolayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian kepala sekolah (key informan), guru, siswa, orang tua siswa, penjaga sekolah dan ibu kantin. Teknik pengumpulan: observasi, wawancara, dan studi dokumen. Untuk analisis: reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan: triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: Bullying di SD N Gondolayu disebabkan karena perbedaan usia, fisik, pengalaman, karakter dan latar belakang siswa. Bentuk bullying yaitu 1) fisik: memukul, menempeleng kepala, mendorong, menendang, menindih, menyundul kepala, nyrekal, melempar dengan bola, 2) non fisik berupa nama panggilan yang tidak layak, mengejek, memalak, dan mentheleng. Intensitas frekuensi bullying dapat terjadi 1-2 kali dalam sehari dengan orang yang relatif sama, kualitas bullying mulai dari ringan hingga sedang. Penanganan bullying meliputi penegakan tata tertib, pembinaan mental bagi pelaku dan korban, pengawasan agar tidak terulang kembali. Strategi guru kelas dalam penanganan bullying melalui kartu prestasi dan belajar jam ke 0 serta kerjasama dengan orang tua atau pihak terkait seperti psikologi Universitas Gadjah Mada, Rumah Sakit Bethesda dan Sardjito dan Kepolisian Sektor Jetis. Kata kunci : bullying, penanganan, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:26
Last Modified: 29 Jan 2019 23:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20251

Actions (login required)

View Item View Item