IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MUTU “SKILL CENTER” DI SMK NEGERI 1 MAGELANG

Elvanita, Hidayat (2014) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MUTU “SKILL CENTER” DI SMK NEGERI 1 MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img] Text
elvanita hidayat_10110244039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan mutu “SKILL CENTER” di SMK Negeri 1 Magelang, dilihat dari program- program yang dibuat, implementasi program, hasil implementasi, faktor pendukung dan penghambat, serta berbagai upaya yang dilakukan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kurikulum, Koordinator Renbang, Komite Sekolah, Guru, dan Siswa SMK Negeri 1 Magelang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program-program kebijakan mutu “SKILL CENTER” yaitu: (a) Pengembangan kurikulum; (b) Kerjasama dan partnership dengan luar negeri; (c) Pengembangan organisasi dan manajemen; (d) Pengembangan fasilitas; (e) Pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan; (f) Pembinaan kesiswaan; (g) Pengembangan hubungan kerjasama dengan DU/DI (Dunia Usaha/Dunia Industri), (h) Pengembangan lingkungan sekolah; (i) Pelaksanaan Renstra (Rencana Strategis); (j) Pengelolaan Unit Produksi dan Teaching Factory; (k) Pendidikan karakter siswa sudah berjalan dengan baik; 2) Implementasi program-program dilihat dari aspek pengorganisasian, aspek interpretasi, aspek aplikasi, sudah terstruktur dan berjalan dengan baik; 3) Hasil implementasi program-program kebijakan sudah sesuai seperti yang ada dalam isi kebijakan mutu “SKILL CENTER”; 4) Faktor pendukungnya yaitu (a) Sekolah menjadi tempat uji kompetensi berstandar nasional dan menjadi sekolah rujukan bagi SMK lain di wilayah Jawa Tengah; (b) Lingkungan sekolah kondusif;(c) Kerjasama/partnership dengan luar negeri seperti: SED-TVET dan SPHEROS Jerman; (d) Memberikan apresiasi terhadap siswa; (e) Peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan; (f) Sarana prasarana memadai; (g) Kerjasama dengan orangtua, Majelis Sekolah dan DU/DI baik; (h) Semangat/motivasi kerja baik. Faktor penghambatnya yaitu (a) Sosialisasi kebijakan mutu masih kurang; (b) Kemampuan Bahasa Inggris masih terbatas; (c) Kemampuan ekonomi orangtua kurang mendukung; (d) Pembaharuan buku perpustakaan masih kurang; 3) Upaya sekolah yaitu: Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan; Pendidikan karakter dan kedisiplinan siswa; Terlaksananya SMM ISO 9001: 2008; Peningkatan kerjasama dengan institusi didalam dan luar negeri. Kata kunci: Implementasi, Kebijakan Mutu “SKILL CENTER”

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:26
Last Modified: 29 Jan 2019 23:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20247

Actions (login required)

View Item View Item