PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AUTOCAD KELAS XI JURUSAN BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

Taufik Irawan Rahmat, Rahmat (2015) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AUTOCAD KELAS XI JURUSAN BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Taufik Irawan Rahmat 09505244024.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AUTOCAD KELAS XI JURUSAN BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 WONOSARI Oleh: Taufik Irawan Rahmat 09505244024 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar; (2) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar; (3) pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dan merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Lingkungan Belajar (X1) dan Fasilitas Belajar (X2) sebagai variabel bebas serta Prestasi Belajar AutoCad Kelas XI Jurusan Bangunan di SMK Negeri 2 Wonosari (Y) sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dengan metode kuesioner. Sampel seluruhnya berjumlah 51 responden. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskritif dan analisis regresi ganda dengan program bantu SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar AutoCad siswa kelas XI SMK Negeri 2 Wonosari, nilai thitung lebih kecil dari ttabel, yaitu 0,236 < 1,96, taraf signifikansi sebesar 0,814 ( > 0,05), dengan kontribusi 0,0456% (2) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar AutoCad siswa kelas XI SMK Negeri 2 Wonosari, nilai thitung lebih kecil dari ttabel, yaitu -2,099 < 1,96, taraf signifikansi sebesar 0,41 ( > 0,05), dengan kontribusi 8,36%. (3) lingkungan belajar dan fasilitas belajar tidak memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar AutoCad siswa kelas XI SMK Negeri 2 Wonosari, nilai Fhitung lebih kecil dari Ftabel, yaitu 0,827 < 3,19, taraf signifikansi sebesar 0,442 ( >0,05) dan memiliki sumbangan secara bersama-sama sebesar 8,4% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Kata kunci: lingkungan belajar, fasilitas belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 10 Jun 2015 02:05
Last Modified: 29 Jan 2019 23:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20246

Actions (login required)

View Item View Item