PRODUK MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA BELAJAR BIOLOGI TINGKAT SMA POKOK BAHASAN HEREDITAS “HUKUM MENDEL I, II & GOLONGAN DARAH”

Erdita, Rahayu Permanasari (2015) PRODUK MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA BELAJAR BIOLOGI TINGKAT SMA POKOK BAHASAN HEREDITAS “HUKUM MENDEL I, II & GOLONGAN DARAH”. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Erdita Rahayu 08520244043.pdf

Download (783MB) | Preview

Abstract

PRODUK MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA BELAJAR BIOLOGI TINGKAT SMA POKOK BAHASAN HEREDITAS “HUKUM MENDEL I, II & GOLONGAN DARAH” Oleh: Erdita Rahayu Permanasari NIM 08520244043 ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian jenis Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia pembelajaran Hereditas untuk mendukung pemahaman para siswa terhadap materi Hereditas. Adapun penulis menggunakan sistem pengembangan media pembelajaran model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pengembangan media diawali dengan pembuatan konsep yang berupa flowchart dan storybard, kemudian direalisasikan ke dalam authoring tool Adobe Flash CS 5 menggunakan actionscript 2.0 dan didukung dengan Adobe Photoshop CS 5, serta Text Edit. Produk multimedia ini membantu para siswa memahami “Hukum Mendel I, II dan Golongan Darah”. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan 1.) bagaimana proses mengembangkan produk multimedia sebagai media pembelajaran topik Hereditas di SMA, dan 2.) bagaimana menguji kelayakan dari media pembelajaran multimedia tersebut. Pengujian media pembelajaran meliputi validasi oleh para ahli materi dan ahli media yang dilakukan secara berkesinambungan hingga pada akhirnya media dinyatakan valid. Setelah dinyatakan valid media pembelajaran hereditas diterapkan pada keadaan yang sebenarnya di SMA Negeri 1 Kasihan dengan 40 orang siswa sebagai user. Siswa diminta untuk memberikan penilaian dan komentar terhadap media pembelajaran yang telah digunakan pada lembar angket. Kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian para ahli media yaitu 4,50 dengan kategori sangat layak, penilaian oleh ahli materi 4,28 dengan kategori layak, dan penilaian oleh siswa diperoleh nilai 4,34 dengan kategori sangat layak. Sehingga, produk multimedia yang diciptakan dari penelitian ini mampu digunakan sebagai sarana pendukung pembelajaran Hereditas di SMAN 1 Kasihan, Bantul. Kata kunci: media pembelajaran, hereditas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jun 2015 02:12
Last Modified: 29 Jan 2019 23:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20242

Actions (login required)

View Item View Item