IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN ETIKA LALU LINTAS DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Furi, Romzah (2014) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN ETIKA LALU LINTAS DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
furi romzah_09110244002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan Pendidikan Etika Lalu Lintas dan Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan Pendidikan Etika Lalu Lintas di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, guru, siswa di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kajian dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kebijakan Pendidikan Etika Lalu Lintas di SMA Negeri 5 Yogyakarta dilaksanakan melalui kegiatan pengintegrasian kedalam mata pelajaran, budaya sekolah dan pengembangan diri. Pengintegrasian pendidikan etika lalu lintas dalam mata pelajaran dilakukan dengan cara memasukkan etika lalu lintas kedalam silabus dan RPP yang relevan dengan materi yang ada. Pendidikan etika lalu lintas kedalam budaya sekolah dilakukan melalui kegiatan rutin, keteladanan dan pengkondisian. Sedangkan dalam pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah atau PKS, PMR, dan Pramuka. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan Pendidikan Etika Lalu Lintas di SMA Negeri 5 Yogyakarta yaitu faktor Komunikasi yang terdiri atas transmisi dan kejelasan berjalan dengan baik. Faktor Sumber daya anggaran dan fasilitas sarana prasarana masih minim, karena sekolah masih mengandalkan bantuan dana dari dinas pendidikan serta sekolah belum menganggarkan kedalam APBS. Faktor disposisi pelaksana kebijakan cukup baik, karena sekolah telah membangun dan menekankan kedisiplinan selain itu para pelaksana kebijakan atau guru telah mengerti tentang konsep kebijakan pendidikan etika lalu lintas. Faktor Struktur birokrasi mencakup standar prosedur operasi atau SOP dan fregmentasi. SOP mengacu pada pada pedoman yang telah dibuat oleh dinas pendidikan kota Yogyakarta. Koordinasi dilakukan sekolah dengan dinas pendidikan kota Yogyakarta dan astra honda motor. Kata kunci: implementasi, kebijakan pendidikan, etika lalu lintas, SMA Negeri 5 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:26
Last Modified: 29 Jan 2019 23:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20238

Actions (login required)

View Item View Item