PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

ENA, KHARISMAYA (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
ENA KHARISMAYA 08520244022.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA Oleh: ENA KHARISMAYA NIM. 08520244022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran KKPI, menguji kinerja media, serta mengetahui tingkat kelayakan media ini saat diujikan ke lapangan. Diharapkan media pembelajaran ini mampu membantu siswa untuk berlatih belajar mandiri, serta mampu membantu pelaksanaan proses belajar mengajar di SMK. Penelitian ini mengunakan metode Research and Development yang mana tahap-tahap pelaksanaan pengembangannya adalah sebagai berikut: 1) analisis kebutuhan, 2) mengembangkan desain multimedia pembelajaran, 3) mengimplementasikan menjadi media, 4) melakukan pengujian hasil produk pengembangan media. Pengujian dilakukan dengan metode black box untuk mengetahui kesalahan pada navigasi, selanjutnya media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum diujikan ke lapangan. Setelah hasil validasi memenuhi syarat sebuah media interaktif layak baru dilakukan penelitian untuk mengetahui kelayakan yang ada di lapangan. Dimana penelitian uji pengguna ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Depok, Sleman, Yogyakarta kelas XI, dengan melibatkan 29 orang siswa Jurusan Teknik Audio Video. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan angket, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dengan mengubah data hasil rata-rata penilaian kedalam interval skor kelayakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat validasi pengembangan media pembelajaran dari validator ahli materi sebesar 3.78 yaitu pada kategori sangat layak, kemudian dari validator ahli media mendapat skor 3.19 yang berkategori layak, sedangkan untuk penilaian dari siswa mendapat skor 3.24 yang berkategori layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran KKPI yang telah dibuat layak digunakan untuk siswa SMK. � Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Kelayakan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jun 2015 01:38
Last Modified: 29 Jan 2019 23:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20237

Actions (login required)

View Item View Item