EFEKTIVITAS BKK (BURSA KERJA KHUSUS) DALAM MEMBANTU MENYALURKAN LULUSAN SMK MEMASUKI DUNIA INDUSTRI DI SMK BINA KARYA 1 KARANGANYAR

Sutarno, Eko (2012) EFEKTIVITAS BKK (BURSA KERJA KHUSUS) DALAM MEMBANTU MENYALURKAN LULUSAN SMK MEMASUKI DUNIA INDUSTRI DI SMK BINA KARYA 1 KARANGANYAR. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Eko Sutarno 08503241037.pdf

Download (730kB) | Preview

Abstract

Penelitian efektivitas BKK (Bursa Kerja Khusus) ini bertujuan untuk mengungkap peran, strategi, ketercapaian tujuan dan faktor pendukung dan penghambat BKK yang dihadapi dalam membantu menyalurkan lulusan SMK Bina Karya 1 Karanganyar memasuki dunia industri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini berada di SMK Bina Karya 1 Karanganyar Kebumen. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik stratifikasi (berstrata). Jumlah sampel yang digunakan adalah 272 responden yang terdiri dari 6 responden Pengelola BKK, 37 responden dari Guru (Mapel dan BP) dan 229 responden dari siswa kelas XI dan XII semua jurusan. Teknik pengambilan data dengan menggunakan teknik wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Wawancara digunakan pada Kepala sekolah, Ketua, Sekretaris dan Humas BKK. Kuesioner/angket digunakan pada Pengelola BKK, Guru (Mapel dan BP) dan Siswa. Dokumentasi berupa lembar pencocokan terkait data administrasi BKK seperti ijin pendirian, struktur organisasi, buku agenda dan lain-lain. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu dengan mencari tendensi sentral dari data seperti Mean, Median, Mode, Standar Deviasi dan Varian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran BKK dalam membantu meningkatkan kualitas lulusan SMK antara lain dengan: memberikan job training, latihan-latihan psikotes, mendatangkan user dari luar, pembinaan, nasehat dan motivasi serta memberikan pelatihan bersertifikat. (2) Peran BKK dalam mempertemukan pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja melalui: menjalin kerjasama dengna DU/DI, Program Kunjungan Industri dan mengirimkan siswa mengikuti Job Fair. (3) Peran BKK dalam upaya melakukan penelusuran tamatan antara lain dengan cara: bimbingan dan nasehat sebelum siswa lulus, melalui jejaring sosial Facebook dan email, angket/blangko penelusuran tamatan, legalisir ijazah dan program Partner yaitu sekolah membuat pasangan-pasangan antara siswa kelas X dan siswa kelas XII. (4) efektivitas BKK SMK Bina Karya 1 dalam kategori efektif, namun tingkat efektivitasnya masih rendah. Hal ini dipengaruhi oleh faktor penghambat seperti: (1) keterbatasan dana operasional, (2) keterbatasan SDM, (3) tidak semua pengelola mempunyai kompetensi, (4) SK tugas belum ada dan (5) masih kurangnya sosialisasi pemerintah terkait Undangundang ketenagakerjaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efektif, BKK (Bursa Kerja Khusus), menyalurkan lulusan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jun 2015 01:33
Last Modified: 04 Mar 2019 08:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20234

Actions (login required)

View Item View Item