PENINGKATAN KOMPETENSI TEKNIK LISTRIK SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY

Damarwan, Eko Siwi (2014) PENINGKATAN KOMPETENSI TEKNIK LISTRIK SISWA KELAS X PAKET KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Eko Siwi Damarwan 10501241021.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi Teknik Listrik siswa melalui model pembelajaran Guided Discovery. Kompetensi yang dimaksud meliputi tiga aspek yaitu kemampuan aspek afektif, aspek psikomotorik, dan aspek kognitif. Penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Prambanan dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X paket keahlian Elektronika Industri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang bersiklus. Jumlah pertemuan setiap siklus sebanyak tiga kali. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa, lembar kerja siswa untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa, dan instrumen pre-test,post-test serta dokumen nilai siswa tahun sebelumnya untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk masing-masing indikator pengamatan aktivitas siswa adalah 75% siswa dinyatakan lulus dan nilai rata-rata kelas memperoleh minimal 75. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Guided Discovery dapat meningkatkan kemampuan siswa aspek afektif. Siklus I persentase siswa lulus sebesar 40% dengan nilai rata-rata 57,00 meningkat pada Siklus II menjadi 100% dengan nilai rata-rata 79,75, (2) penerapan model pembelajaran Guided Discovery dapat meningkatkan kemampuan siswa aspek psikomotorik. Persentase siswa lulus Siklus I sebesar 60% dengan nilai rata-rata sebesar 75,00 meningkat pada Siklus II menjadi 100% dengan nilai rata-rata 79,50, (3) penerapan model pembelajaran Guided Discovery dapat meningkatkan kemampuan siswa aspek kognitif. Persentase siswa lulus tahun sebelumnya sebesar 72,44% dengan nilai rata-rata 75,64 menurun pada post-test Siklus I menjadi 40% dengan nilai rata-rata 67,25. Setelah dilanjutkan Siklus II, aspek kognitif mengalami peningkatan. Pada post-test Siklus II persentase siswa lulus menjadi 80,00% dengan nilai rata-rata 78,50.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, teknik listrik, guided discovery, penelitian tindakan kelas
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Jun 2015 01:21
Last Modified: 04 Mar 2019 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20228

Actions (login required)

View Item View Item