Amrih, Setyo Raharjo (2015) PROSES PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AN-NAWAWI PURWOREJO. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
Amrih Setyo Raharjo_10110244012.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pendidikan Madrasah Diniyah Pondok Pesantren An-Nawawi Purworejo, baik dalam segi perencanaan pembelajaran ataupun dalam segi pelaksanaan pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala pondok, kepala madrasah, pendidik, dan santri. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setting penelitian ini bertempat di Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan, Desa Gintungan, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran di Madrasah Diniyyah An-Nawawi meliputi komponen-komponen seperti identitas madrasah diniyyah, perencanaan mata pelajaran, kelas/semester, media belajar dan sumber belajar, materi pokok, alokasi waktu, kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi, metode pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Perencanaan telah disusun secara terstruktur dan sistematis dalam buku pedoman pengajaran, walaupun masih bersifat global dan belum sedetil dalam standar yang diberlakukan oleh Kemenag RI. Secara garis besar sudah terencana sesuai dengan Standar Kemenag RI dalam Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Nomor: 3203 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pengelolaan dan Penilaian Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah; (2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan di Madrasah Diniyyah An- Nawawi meliputi alokasi waktu jam tatap muka pembelajaran yaitu 60 menit per jam untuk semua tingkatan, buku teks pelajaran berupa kitab-kitab, pengelolaan kelas, dan pelaksanaan pembelajaran dalam kelas yang sangat dipengaruhi oleh karateristik pendidik namun tetap dibatasi oleh buku pedoman pendidikan. Sementara proses KBM di dalam kelas walaupun dijalankan dengan metode pengajaran yang tradisional, tetapi tetap dapat diaplikasikan dan masih relevan dengan pendidikan madrasah yang kajian utamanya adalah ilmu agama. Secara garis besar pelaksanaan Pendidikan di Madrasah Diniyyah An-Nawawi telah sesuai Kemenag RI dalam Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Nomor: 3203 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pengelolaan dan Penilaian Pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Kata kunci: proses pendidikan, madrasah diniyyah, An-Nawawi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan |
Depositing User: | Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP |
Date Deposited: | 11 Jun 2015 03:23 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:21 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |