Pengaruh Minat Belajar dan Fasilitas Belajar Komputer terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Pemograman Web Siswa Kelas XI SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2010/2011

Rizka, Safitri L (2015) Pengaruh Minat Belajar dan Fasilitas Belajar Komputer terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Pemograman Web Siswa Kelas XI SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2010/2011. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_07520241028.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Minat Belajar dan Fasilitas Belajar Komputer terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat Pemograman Web Siswa Kelas XI SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2010/2011 Oleh Rizka Safitri L NIM. 07520241028 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar komputer terhadap prestasi mata diklat Pemograman Web siswa SMK YPKK 1 Sleman. Selain itu juga untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap tingkat prestasi mata diklat Pemograman Web siswa SMK YPKK 1 Sleman. Penelitian ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengalaman penulis, memberikan masukan agar memiliki prestasi belajar yang tinggi, memberi masukan pada orang tua pentingnya memotivasi siswa, dan memberi masukan kepada sekolah tentang pentingnya pemberian motivasi dan fasilitas memadai untuk siswa. Subyek dari penelitian ini adalah 39 siswa SMK YPKK 1 Sleman kelas XI tahun ajaran 2010/2011 yang telah mengikuti mata diklat Pemograman Web. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode angket, survey, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan penelitian instrumen terlebih dahulu divalidasi ahli. Setelah divalidasi ahli dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk menentukan butir instrumen yang valid dan reliabel. Teknik analisa data yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dan regresi linear. Sebelum dilakukan uji regresi terlebih dulu dilakukan uji prasyarat penelitian yaitu : Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Linearitas dan Uji Homoskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan positif minat belajar komputer terhadap prestasi belajar mata diklat pemograman web kelas XI tahun ajaran 2010/2011. hal itu ditunjukan melalui analisa regresi linier yaitu dengan harga r = 0,229 dan r2 = 0,052. Selain itu hasil penelitian juga menunjukan tidak ada pengaruh yang signifikan variabel fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar mata diklat pemograman web kelas XI tahun ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukan skor fasilitas belajar yang tinggi, yaitu 91,31% fasilitas terpenuhi sedangkan kecenderungan tertinggi minat berada pada kecenderungan cukup (M – 1 SD sampai M + 1 SD). Keyword : minat belajar komputer, fasilitas belajar komputer, prestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:50
Last Modified: 29 Jan 2019 23:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20215

Actions (login required)

View Item View Item