PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA

Witri, Anggraini (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Witri Anggraini.pdf

Download (58MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMILIH BAHAN BAKU BUSANA Disusun Oleh: Witri Anggraini NIM : 07513241036 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pencapaian kompetensi memilih bahan baku busana setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok berbantuan flash card; 2) mengetahui pendapat siswa tentang sikap siswa terhadap pembelajaran memilih bahan baku busana; 3) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok berbantuan flash card terhadap pencapaian kompetensi memilih bahan baku busana. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Sampel dipilih secara cluster acak sehingga diperoleh kelas eksperimen 35 siswa dan kelas kontrol 35 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes (posttest) dan angket. Instrumen penelitian menggunakan flash card dengan materi pemilihan bahan utama (desain, usia, kesempatan, postur tubuh, warna kulit dan kepribadian) dan angket. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat analisis, penafsiran hasil angket dan pengujian hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) pencapaian Kriteria Kelulusan Minimal di kelas eksperimen sebanyak 80% siswa dan kelas kontrol 24,3% siswa; 2) terdapat 60 % siswa berpendapat setuju dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen dan terdapat 49% siswa berpendapat setuju dengan pembelajaran di kelas kontrol. Dari aspek media pembelajaran secara keseluruhan media dapat menjadi illustrasi dan melatih daya ingat siswa, dari aspek model pembelajaran siswa menjadi lebih aktif dan mandiri. ; 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran kooperatif tipe investivigasi kelompok berbantuan flash card terhadap pencapaian kompetensi memilih bahan baku busana yang ditunjukkan hasil analisis uji t, hasil tes diperoleh ������� 4,135 lebih besar dari ��� � 2,021 dan perhitungan hasil angket �������3,982 lebih besar dari ��� � 2,021. Kata kunci : investigasi kelompok, flash card, memilih bahan baku busa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:47
Last Modified: 29 Jan 2019 23:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20214

Actions (login required)

View Item View Item