Didi, Satiadi and Dadang, Subarna (2007) Penggunaan Model Simulasi Atmosfer Sebagai Alat Pembelajaran Dalam Pendidikan. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2007. ISSN 978-979-99314-2-9
|
Text
7_Didi.pdf Download (476kB) | Preview |
Abstract
Pemanasan global dan perubahan iklim sudah merupaan realita yang tak mungkin dihindari oleh umat manusia. Untuk itu diperlukan alat pembelajaran untuk memahami kedua fenomena tersebut bagi para siswa, mahasiswa, pendidik ataupun para praktisi dan pemerhati lingkungan. Untuk mensimulasikan pemanasan global dan perubahan iklim dengan akurat harus dibangun sebuah model dengan sistem iklim yang lengkap meliputi daratan, lautan, biosfer, atmosfer dan kreosfer (lapisan es). Semua komponen sistem iklim ini saling berinteraksi dan menghasilkan umpan balik yang menentukan bagaimana kondisi iklim pada masa lau, sekarang dan yang akan datang. Model iklim digunakan untuk membantu pembelajaran dalam memahami simulasi iklim yang tak mungkin dilakukan secara realita. Model juga dapat digunakan untuk memprediksi kejadian-kejadian ekstrim. Kegunaan lain dari model iklim adalah untuk melihat kemungkinan perubahan-perubahan iklim di masa mendatang akibat kenaikan konsentrasi gas rumah kaca seperti CO2. Globa Circulation Model (GCM) CSIRO9 adalah model iklim global yang digunakan LAPAN denganr esolusi vertikal 9 level dan resolusi horizontal 56x64 grid dimana luas setiap grid 3.2x5.6. Untuk mengetahui dampak secara regional, LAPAN juga menggunakan model iklim area terbatas, yaitu DARLAM dimana model ini mampu menghitung perubahan iklim skala grid lebih kecil sekitar 25 km. Dalam makalah ini hasil simulasi model iklim global maupun area terbatas pada skenario kenaikan C)2 dua kali lipat akan dibahas, terutama dalam mebantu pemahaman siswa dalam dunia pendidikan. Dampak kenaikan CO2 dua kali lipat pada temperatur global dan regional khususnya wilayah Indonesia akan dibahas secara lebih rinci.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model atmosfer, pemanasan global, perubahan iklim, simulasi, prediksi |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2007 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 10 Jun 2015 00:33 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 00:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20210 |
Actions (login required)
View Item |