Hubungan antara Kompetensi Mengajar Guru, Kelengkapan Sarana dan Prasarana, serta Pengalaman Praktik Kerja Industri dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa SMK kompetensi Keahlian TKJ di Kota Purwokerto

Kusuma, Tyas Pratama puja (2015) Hubungan antara Kompetensi Mengajar Guru, Kelengkapan Sarana dan Prasarana, serta Pengalaman Praktik Kerja Industri dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa SMK kompetensi Keahlian TKJ di Kota Purwokerto. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tyas-pratama-puja-kusuma-13702251007.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kompetensi mengajar guru, (2) hubungan kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan, (3) hubungan pengalaman praktik kerja industri, dan (4) hubungan kompetensi mengajar guru, kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan, serta pengalaman praktik kerja industri secara bersama-sama dengan kesiapan memasuki dunia kerja siswa SMK kompetensi keahlian TKJ di Kota Purwokerto. Penelitian ini adalah penelitian expost-facto. Populasi penelitian adalah 285 siswa kelas XII kompetensi keahlian Teknik Komputer Jaringan di Kota Purwokerto. Sampel penelitian sejumlah 157 siswa dihitung menggunakan persamaan dari Slovin. Data penelitian diambil melalui angket. Uji validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement dan analisis faktor menggunakan persamaan Pearson Product Moment. Reliabilitas instrumen diuji dengan teknik Alpha Cronbach. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment dan analisis regresi ganda dengan tiga prediktor. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi mengajar guru dengan kesiapan memasuki dunia kerja siswa SMK kompetensi keahlian TKJ di Kota Purwokerto (r_(X_1 Y) = 0,188; α=0,05). (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kelengkapan sarana dan prasarana dengan kesiapan memasuki dunia kerja siswa SMK kompetensi keahlian TKJ di Kota Purwokerto (r_(X_2 Y) = 0,137; α=0,05). (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan memasuki dunia kerja siswa SMK kompetensi keahlian TKJ di Kota Purwokerto (r_(X_3 Y ) = 0,436; α=0,05). (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi mengajar guru, kelengkapan sarana dan prasarana, serta pengalaman praktik kerja industri dengan kesiapan memasuki dunia kerja siswa SMK kompetensi keahlian TKJ di Kota Purwokerto (r_(X₁X₂X₃Y)=0,449; α=0,05), dengan kontribusi sebesar 20,1%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi mengajar guru, sarana dan prasarana, pengalaman praktik kerja industri, kesiapan memasuki dunia kerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:27
Last Modified: 09 May 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20209

Actions (login required)

View Item View Item