Melatih Kemampuan Berpikir Alternatif Melalui Pembelajaran Fisika Modern

Hartono, Hartono (2007) Melatih Kemampuan Berpikir Alternatif Melalui Pembelajaran Fisika Modern. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2007. ISSN 978-979-99314-2-9

[img]
Preview
Text
5_Hartono.pdf

Download (112kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Pada umumnya guru fisika kurang menyadari bahwa melalui pembelajaran materi fisika dapat dikembangkan berbagai kemampuan berpikir. Ini terjadi karena ketika mereka menjadi mahasiswa kurang mengalami sendiri berbagai pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir. Telah dilakukan penelitian yang bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir alternatif para calon guru melalui pembelajaran fisika modern. Kemampuan berpikir yang dilatihkan dalam penelitian ini meliputi kemampuan melakukan inferensi, memahami sebab akibat, dan melakukan pemodelan matematik. Penelitian ini menggunakan metode one-group pretes-postes design, dengan subjek penelitian mahasiswa calon guru pada semester ketiga program studi pendidikan fisika. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan pada ketiga kemampuan berpikir untuk mahasiswa kelompok atas dan dua kemampuan berpikir untuk mahasiswa kelompok rendah. Satu-satunya kemampuan yang tidak meningkat secara signifikan adalah kemampuan pemodelan matematik pada mahasiswa kelompok rendah. Disarankan terjadi perluasan implementasi pembelajaran fisika yang melatih berbagai kemampuan berpikir untuk mengembangkan kemampuan berpikir alternatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: berpikir alternatif, fisika modern
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2007
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:09
Last Modified: 26 Oct 2015 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20206

Actions (login required)

View Item View Item