PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA BARAHAN GALUR KULON PROGO

Sri, Safangati (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ABA BARAHAN GALUR KULON PROGO. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Sri Safangati_12111247015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui media gambar berseri pada anak kelompok A TK ABA Barahan, Galur, Kulon Progo Yogyakarta. Kemampuan bebicara ditunjukkan oleh keberanian berbicara, kelancaran berbicara dan menceritakan kembali dengan urut sesuai isi gambar. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok A di TK ABA Barahan, Tirtorahayu, Galur, Kulon Progo. Jumlah anak sebanyak 20 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Insrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar berseri dengan tema angin puting beliung, gunung meletus, banjir dan gempa bumi dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A TK ABA Barahan Galur Kulon Progo. Kemampuan berbicara yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi: keberanian berbicara, kelancaran berbicara dan kemampuan mengurutkan kembali isi cerita. Langkah-langkah yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A, meliputi: (1) meningkatkan keberanian berbicara anak dengan cara anak mendengarkan cerita dari guru dengan posisi sejajar dengan pandangan guru, sehingga cerita dalam gambar berseri dapat dengan jelas diterima oleh anak, (2) meningkatkan kelancaran berbicara anak dengan cara mengoptimalkan konsentrasi anak pada saat mendengarkan cerita yang disampaikan guru dengan membagi menjadi empat kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari lima anak, (3) meningkatkan kemampuan anak dalam menceritakan kembali isi cerita dengan cara media gambar dipotong-potong dan diurutkan sesuai urutan kejadian dan diletakkan di atas meja, agar lebih mudah dicermati dan dipahami oleh anak. Peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok A yang ditunjukkan oleh pencapaian skor sebelum tindakan 76 (31,67%) dan pada siklus I skor yang dicapai 148,5 (61,88%) dengan skor maksimal 240. Peningkatan skor dari sebelum tindakan ke tindakan siklus I mencapai 72,5 (30,21%). Pada tindakan siklus II mencapai skor 211 (87,917%) dengan skor maksimal 240. Peningkatan kemampuan berbicara dari tindakan siklus I ke tindakan siklus II mencapai 62,5 (26,04%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:13
Last Modified: 29 Jan 2019 23:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20205

Actions (login required)

View Item View Item