PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI FLIP CHART PADA ANAK KELOMPOK A1 TK KEMALA BHAYANGKARI 91 KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN

Novita, Widyandari (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI FLIP CHART PADA ANAK KELOMPOK A1 TK KEMALA BHAYANGKARI 91 KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Novita Widyandari_10111241023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka menggunakan flip chart pada anak Kelompok A1 di TK Kemala Bhayangkari 91 Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. Penelitian dilakukan karena melihat rendahnya kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak TK Kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 91 Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah 19 anak Kelompok A1 TK Kemala Bhayangkari Kalasan dengan usia 4-5 tahun. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi berbentuk check list. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Tema yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tanaman. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata kemampuan membilang anak Kelompok A1 sebesar ≥76 (dalam skala 100). Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata kemampuan mengenal angka anak meningkat menjadi 86. Kemampuan anak dalam mengenal angka menggunakan flip chart pada Pretest memperoleh rata-rata sebesar 24 dan meningkat pada Siklus I menjadi 40 kemudian kembali meningkat pada Siklus II dengan memperoleh rata-rata sebesar 86 sehingga mencapai kriteria keberhasilan yang diinginkan. Prinsip-prinsip yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak Kelompok A1 adalah: 1) anak bekerja dalam kelompok kecil, 2) anak dilatih cara menggunakan flip chart, 3) anak bermain flip chart dalam kelompok, 4) anak dengan bergantian melakukan tebakan dengan temannya, 5) anak menunjukkan kemampuan mengenal angka didepan kelas. Dengan demikian flip chart efektif digunakan untuk mengenalkan angka 1-10 pada anak kelompok A.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:13
Last Modified: 29 Jan 2019 23:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20203

Actions (login required)

View Item View Item