MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN BANTUAN MEDIA JOBSHEET PADA MATA DIKLAT MEMBUAT BUSANA WANITA DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO

Umi, Marfu’ah (2015) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN BANTUAN MEDIA JOBSHEET PADA MATA DIKLAT MEMBUAT BUSANA WANITA DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UMI MARFU'AH.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN BANTUAN MEDIA JOBSHEET PADA MATA DIKLAT MEMBUAT BUSANA WANITA DI SMK NEGERI 6 PURWOREJO Oleh: Umi Marfu’ah NIM. 06513241008 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang efektif dan efisien dengan bantuan media jobsheet untuk meningkatkan hasil belajar membuat pola jas wanita di SMK Negeri 6 Purworejo, 2) peningkatan hasil belajar membuat pola jas wanita melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan media jobsheet di SMK Negeri 6 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa pada kelas XII Busana Butik 2 SMK Negeri 6 Purworejo. Teknik pengambilan data melalui lembar observasi, lembar unjuk kerja, tes, angket, dan dokumentasi. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (expert judgment). Hasil validasi menunjukkan bahwa model dan media yang digunakan sudah layak dan instrumen dinyatakan sudah valid. Uji reliabilitas tes menggunakan rumus KR-20, sedangkan untuk lembar penilaian unjuk kerja dan angket menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang efektif dan efisien dengan bantuan media jobsheet dapat meningkatkan hasil belajar membuat pola jas wanita. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I dari pendapat observer mencapai 84%, pada siklus II meningkat menjadi 100%, 2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas pada pra siklus dari 68,8 menjadi 75,1 pada siklus I dan meningkat kembali sebesar 83,3 pada siklus II. Berdasarkan KKM, siswa yang mencapai KKM pada pra siklus sebanyak 17 siswa atau 53,1%, pada siklus I meningkat menjadi 24 siswa (75%), dan kembali meningkat menjadi 100% atau 32 siswa pada siklus II. Uraian di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan bantuan media jobsheet dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membuat pola jas wanita. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe STAD,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 09 Jun 2015 07:32
Last Modified: 29 Jan 2019 23:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20202

Actions (login required)

View Item View Item