PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR SISTEM PENGISIAN KELAS X SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA 2011/2012

SUPARMAN, SUPARMAN (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR SISTEM PENGISIAN KELAS X SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA 2011/2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUPARMAN 09504247008.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR SISTEM PENGISIAN KELAS X SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA 2011/2012 Oleh : SUPARMAN 09504247008 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimanakah penerapan metode everyone is a teacher here kelas X B SMK Perindustrian Yogyakarta, (2) Mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode pembelajaran aktif everyone is a teacher here kompetensi dasar sistem pengisian kelas X B1 SMK Perindustrian Yogyakarta dan (3) Mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran aktif everyone is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem starter dan pengisian kelas X B SMK Perindustrian Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Perindustrian Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X B1 TKR sebanyak 28 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, metode pembelajaran yang digunakan adalah dengan metode pembelajaran aktif Everyone Is A Teacher Here. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Langkah-langkah penelitian ini dimulai dengan pemberian materi dengan metode ceramah, selanjutnya metode everyone is a teacher here yaitu Membagikaan secarik kertas kosong kepada seluruh peserta didik dan minta mereka menuliskan satu pertanyaan tentang materi pelajaran yang sedang dipelajari didalam kelas atau topik khusus yang telah dibahas dan diskusikan, Mengumpulkan kertas yang telah diisi pertanyaan oleh siswa, kemudian mengacak kertas tesebut setelah itu dibagikan kembali kepada peserta didik dan memastikan peserta didik tidak menerima kertas pertanyaan yang telah ditulis sendiri. Meminta peserta didik membaca dalam hati pertanyaan dalam ketas tersebut kemudian memikirkan jawabannya. meminta peserta didik secara sukarela untuk membacakan pertanyaan tersebut dan menjawabnya.Setelah jawaban diberikan, meminta peserta didik lainnya untuk menambah jawaban apabila jawaban kurang tepat. melanjutkan dengan sukarelawan berikutnya untuk membacakan soal serta jawabannya.Tahap selanjutnya adalah postest, untuk mengetahui pemahaman serta keberhasilan belajar yang telah dicapai siswa Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada kompetensi dasar sistem pengisian menggunakan penerapan metode everyone is a teacher here menunjukkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari rata-rata nilai awal 64,5 meningkat menjadi rata-rata nilai 74,5 atau terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 15,5%. Ketuntasan belajar dalam kelas meningkat dari 60,7% menjadi 85,7 % hal ini menunjukan kenaikan kutuntasan belajar dikelas sebesar 41,2%. Sedangkan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan 40.3% naik menjadi 60.7% serta penurunan aktivitas negatif siswa dari 16,1% turun menjadi 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa Kata kunci : Everyone Is A Teacher Here, keaktifan , Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 09 Jun 2015 07:29
Last Modified: 29 Jan 2019 23:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20201

Actions (login required)

View Item View Item