ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN MID SEMESTER KOMPETENSI KEAHLIAN MEMPERBAIKI SISTEM PELUMASAN DAN PENDINGINAN KELAS XI SEMESTER I PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 PENGASIH KULON PROGO TAHUN DIKLAT 2013/2014

Rio Azka, Riswanda (2015) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN MID SEMESTER KOMPETENSI KEAHLIAN MEMPERBAIKI SISTEM PELUMASAN DAN PENDINGINAN KELAS XI SEMESTER I PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 PENGASIH KULON PROGO TAHUN DIKLAT 2013/2014. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rio Azka Riswanda 09504244003 C1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN MID SEMESTER KOMPETENSI KEAHLIAN MEMPERBAIKI SISTEM PELUMASAN DAN PENDINGINAN KELAS XI SEMESTER I PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 PENGASIH KULON PROGO TAHUN DIKLAT 2013/2014 Oleh : Rio Azka Riswanda 09504244003 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas alat ukur evaluasi yaitu soal Ujian Mid Semester Kompetensi Keahlian Memperbaiki Sistem Pelumasan dan Pendinginan kelas XI semester I Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo 2013/2014. Hal-hal yang diketahui adalah tinggi rendahnya validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan penyebaran jawaban soal. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo pada mata pelajaran kompetensi keahlian Memperbaiki Sistem Pelumasan dan Pendinginan Kelas XI Semester I Tahun Diklat 2013/2014. Populasi penelitian ini berjumlah 64 siswa dan diambil dengan sampel yang sama karena jumlah populasi di bawah 100 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi atau telaah dokumen. Metode pengumpulan data dengan cara mendokumentasi soal dan kunci jawaban beserta lembar jawaban ujian Mid Semester yang dijadikan sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk kriteria. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui kualitasnya lalu dikorelasikan dengan kriteria yang sudah ada. Analisis uji validitas soal menggunakan rumus korelasi point biserial. Analisis dari segi reliabilitas soal menggunakan rumus Alpha. Taraf kesukaran dihitung dengan membandingkan jumlah siswa yang menjawab dengan benar dengan jumlah siswa yang diuji. Daya beda dianalisa dengan perbandingan jumlah jawaban benar dari kelompok atas dengan jumlah subyek dari kelompok atas dikurangi dengan perbandingan jumlah jawaban benar kelompok bawah dengan jumlah subyek kelompok bawah. Penyebaran jawaban dianalisa dengan menghitung banyaknya persentase siswa yang memilih jawaban A, B, C, D, atau E. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas soal mid semester ditinjau dari validitas, 16 soal dinyatakan valid atau cukup valid dan 24 soal lainnya dinyatakan tidak valid. Tingkat reliabilitas soal mid semester ini masuk dalam kriteria korelasi rendah, yaitu 0,286. Taraf kesukaran, 5 soal dinyatakan dalam kategori sedang, 34 soal kategori mudah, dan 1 soal kategori sukar. Ditinjau dari daya beda, 14 soal dinyatakan baik, 26 soal dinyatakan tidak baik. Dari penyebaran jawaban, hanya ada 1 soal dinyatakan baik karena distraktornya berfungsi baik pada setiap option yang dipilih lebih dari 5% dari seluruh siswa. Kata Kunci: validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya beda, penyebaran jawaban

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 09 Jun 2015 07:26
Last Modified: 29 Jan 2019 23:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20199

Actions (login required)

View Item View Item