“EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSIAPAN PENGOLAHAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA"

LELY, AFREYANTI (2015) “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSIAPAN PENGOLAHAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA". S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LELY AFREYANTI, 11511247015, PEND. TEKNIK BOGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

“EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSIAPAN PENGOLAHAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA" Oleh : LELY AFREYANTI 11511247015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Hasil belajar siswa pada unit kompetensi Melakukan Persiapan Dasar Pengolahan Makanan dengan menggunakan metode pembelajaran Ceramah (2).Hasil belajar siswa pada unit kompetensi Melakukan Persiapan Dasar Pengolahan Makanan setelah menggunakan metode pembelajaran Cooperative Jigsaw (3). Efektivitas penggunaan metode pembelajaran Cooperative Jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar Melakukan Persiapan Dasar Pengolahan Makanan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Populasi penelitian kelas X Jasa Boga 1,2,3,4 sebanyak 144 siswa SMK Negeri 4 Yogyakarta, Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan cara diundi secara acak, dua kelas sebagai sampel penelitian sebanyak 72 yaitu kelas X Jasa Boga 1 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dengan dan kelas X Jasa Boga 2 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes kognitif. Untuk uji validitas instrumen tes menggunakan program Iteman dengan hasil 40 butir soal yang valid. Nilai reliabilitas alpha 0,937. Metode analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil pembelajaran dengan metode ceramah pada mata diklat Persiapan Pengolahan siswa kelas X Jasa Boga 2 SMK N 4 Yogyakarta untuk nilai pre test kelas kontrol yaitu 8,3861 dan post test 8,4917 terdapat peningkatan sebesar 0,1056 (2). Hasil pembelajaran Kompetensi Melakukan Persiapan Dasar Pengolahan Makanan setelah penggunaan metode cooperative Jigsaw pada siswa X Jasa Boga 1 SMK N 4 Yogyakarta untuk hasil nilai Pre test kelas eksperimen 8,2833 dan untuk nilai post test 8,9500 terdapat peningkatan sebesar 0,6667 (3). Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar secara metode ceramah dengan siswa yang belajar menggunakan metode cooperative jigsaw. Terjadi peningkatan hasil belajar kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebesar 0,47222 dan disimpulkan bahwa hasil belajar dari kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan metode cooperative jigsaw pembelajaran lebih efektif meningkatkan pengetahuan dari hasil belajar siswa pada unit kompetensi Melakukan Persiapan Dasar Pengolahan Makanan bila dibandingkan dengan pembelajaran cerama. Kata kunci : Efektivitas, Cooperative Learning tipe Jigsaw, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 09 Jun 2015 07:21
Last Modified: 29 Jan 2019 23:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20197

Actions (login required)

View Item View Item