Pengembangan Perangkat Soal Mata Pelajaran Mengaplikasikan Rangkaian Listrik Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok

Sulistiyawati, Sulistiyawati (2015) Pengembangan Perangkat Soal Mata Pelajaran Mengaplikasikan Rangkaian Listrik Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (COMBINED).pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Perangkat Soal Mata Pelajaran Mengaplikasikan Rangkaian Listrik Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok Oleh : Sulistiyawati NIM. 06501241008 ABSTRAK Hasil penilaian banyak digunakan untuk mengambil berbagai keputusan penting pendidikan. Perangkat soal yang baik diperlukan untuk penilaian agar dapat menghasilkan data yang akurat. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat soal ulangan tengah semester yang baik untuk mata pelajaran mengaplikasikan rangkaian listrik pada siswa kelas X SMK N 2 Depok. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat soal ulangan tengah semester mata pelajaran mengaplikasikan rangkaian listrik. Perangkat soal dikembangkan berdasarkan silabus SMK N 2 Depok dan disempurnakan berdasarkan masukan dari validator dan hasil analisis uji empiris sebanyak tiga kali. Validator dalam penelitian ini adalah dosen ahli dan guru mata pelajaran terkait. Sebanyak 32 siswa kelas X SMK N 2 Depok, 63 siswa kelas X SMK N 2 Pengasih dan 28 siswa kelas XII SMK N 2 Depok menjadi sampel pelaku uji coba empiris. Uji coba empiris pertama dilakukan pada siswa SMK N 2 Depok. Uji coba empiris kedua dilakukan pada siswa SMK N 2 Pengasih, dan uji coba empiris ketiga dilakukan pada siswa SMK N 2 Depok. Hasil yang diperoleh dari uji coba empiris pertama adalah rata-rata tingkat kesukaran butir soal adalah 0,546 yaitu tergolong sedang, rata-rata indeks daya bedanya yaitu 0,579, masuk kategori baik, serta alpha atau koefisien reliabilitasnya sebesar 0,823. Hasil uji coba empiris kedua rata-rata tingkat kesukaran butir soalnya 0,668; rata-rata indeks daya bedanya 0,405; dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,426. Hasil uji coba empiris ketiga rata-rata tingkat kesukaran butir soalnya 0,385; rata-rata indeks daya bedanya 0,385; dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,651. Soal kemudian diperbaiki berdasarkan analisis hasil uji coba empiris ketiga, dan kini soal siap untuk digunakan. Kata kunci: pengembangan, perangkat soal, rangkaian listrik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 09 Jun 2015 06:59
Last Modified: 29 Jan 2019 23:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20187

Actions (login required)

View Item View Item