PENGARUH PRESTASI BELAJAR KELOMPOK MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN DAN HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 SEYEGAN

Utomo, Setyo (2015) PENGARUH PRESTASI BELAJAR KELOMPOK MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEJURUAN DAN HASIL PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Setyo Utomo 10505241002.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh prestasi belajar kelompok mata pelajaran kompetensi kejuruan dan hasil praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto. Seluruh anggota populasi menjadi sampel, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data variabel prestasi belajar kelompok mata pelajaran kompetensi kejuruan menggunakan dokumentasi rapot. Variabel hasil praktik kerja industri dan kesiapan kerja siswa menggunakan angket dengan skala likert. Validasi isi dengan Judgement experts dan validasi konstruk dengan korelasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan teknik belah dua jumlah nomor ganjil dan genap (Split Half). Uji persyaratan analisis normalitas, linieritas dan multikolinieritas dilakukan sebelum melakukan uji regresi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata nilai prestasi belajar kelompok mata pelajaran kompetensi kejuruan adalah 79,48 yang termasuk kategori baik dalam rentang 74,77 – 82,77; (2) rata-rata skor hasil praktik kerja industri adalah 94,8 yang termasuk kategori cukup dalam rentang 30 - 120; (3) rata-rata skor kesiapan kerja siswa adalah 173,3 yang termasuk kategori cukup dalam rentang 54 – 216. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan: (1) prestasi belajar kelompok mata pelajaran kompetensi kejuruan berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa sesuai dengan persamaan Y = 30,819 + 1,793 X₁, artinya apabila prestasi belajar meningkat 1 poin maka kesiapan kerja meningkat 1,793 poin; (2) hasil praktik kerja industri berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa sesuai dengan persamaan Y = 124,069 + 0,519 X₂, artinya apabila hasil praktik kerja industri meningkat 1 poin maka kesiapan kerja meningkat 0,519 poin. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan prestasi belajar kelompok mata pelajaran kompetensi kejuruan (X₁) dan hasil praktik kerja industri (X₂) secara bersama berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa (Y), sesuai persamaan Y = -0,818 + 1,609X₁ + 0,487X₂ . Variabel X₁ dan X₂ berpengaruh positif dengan kuat hubungan yang rendah terhadap Y, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda (Rₓ₁,ₓ₂,ₓ₃) = 0,386. Besar pengaruh kedua variabel bebas terhadap variabel terikat ditunjukkan oleh koefiesien determinasi (R²) = 0,149 (14,9%), sedangkan 85,1 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar kelompok mata pelajaran kompetensi kejuruan, hasil praktik kerja industri, kesiapan kerja siswa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 09 Jun 2015 06:56
Last Modified: 29 Jan 2019 23:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20186

Actions (login required)

View Item View Item