PROFIL GAYA MENGAJAR GURU PRODUKTIF JURUSAN TEKNIK PEMESINAN MENURUT PERSEPSI SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Roma Afri, Yanto (2015) PROFIL GAYA MENGAJAR GURU PRODUKTIF JURUSAN TEKNIK PEMESINAN MENURUT PERSEPSI SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Roma Afri Yanto 12503247002.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PROFIL GAYA MENGAJAR GURU PRODUKTIF JURUSAN TEKNIK PEMESINAN MENURUT PERSEPSI SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh: Roma Afri Yanto NIM. 12503247002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil gaya mengajar guru produktif jurusan teknik pemesinan menurut persepsi siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Prambanan. Hasil penelitian bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam meningkatkan proses belajar mengajar yang lebih aktif baik siswa maupun guru. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Dilakukan di SMK Muhammadiyah Prambanan jurusan teknik pemesinan kelas XI. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan teknik pemesinan kelas XI yang berjumlah sebanyak 118 orang siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 89 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas dan uji reabilitas instrumen dihitung menggunakan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 16.0. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil gaya mengajar guru produktif jurusan teknik pemesinan menurut persepsi siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah Prambanan menggunakan gaya mengajar formal authority mencapai persentase paling tertinggi 26,59 %. Dengan demikian profil gaya mengajar yang sifatnya berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif karena siswa hanya mendengarkan apa yang dipaparkan di depan kelas. Kata kunci: Gaya, Mengajar, Guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 09 Jun 2015 06:50
Last Modified: 29 Jan 2019 23:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20183

Actions (login required)

View Item View Item