Fajar, Kurniawan (2015) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 2 PENGASIH TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, UNY.
|
Text
PDF Skripsi Fajar.pdf Download (31MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM OSIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP 2 PENGASIH TAHUN AJARAN 2013/2014 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh keaktifan siswa dalam OSIS terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Pengasih Tahun Ajaran 2013/2014, (2) Pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Pengasih Tahun Ajaran 2013/2014 dan (3) Pengaruh keaktifan siswa dalam OSIS dan kemampuan berpikir kreatif secara bersama sama terhadap prestasi belajar 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa pengurus OSIS SMK Negeri 2 Pengasih periode 2013/2014 yang berjumlah 35 siswa. Metode data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Validitas instrumen penelitian dilakukan melalui expert judgment korelasi product moment Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda 2 prediktor pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) signifikan antara keaktifan siswa dalam OSIS (X (Y). Ini ditunjukkan dengan nilai r Terdapat pengaruh yang posit (X2) terhadap prestasi belajar siswa yang lebih besar dari rtabel keaktifan siswa dalam OSIS dan sama terhadap prestasi belajar siswa. 0,449 yang berarti harga r Pengujian signifikansi dengan uji F, didapat nilai 3 = 32 yaitu sebesar 4,15, Kata kunci : keaktifan siswa, OSIS, kreatif, prestasi belajar vi ABSTRAK PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI Oleh : Fajar Kurniawan NIM 09504241036 siswa SMK Negeri 2 Pengasih Tahun Ajaran ian expost facto dengan pendekatan pengambilan dan analisis butir yang dihitung dengan rumus moment. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus . n Tidak terdapat pengaruh yang X1) terhadap prestasi belajar siswa rhitung (0,178) yang lebih kecil dari rtabel (0,334). (2) positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif (Y). Ini ditunjukkan dengan nilai rhitung tabel (0,334). (3) Tidak Terdapat pengaruh signifikan kemampuan berpikir kreatif secara bersama Diperoleh harga rhitung 0,448 dan harga r rhitung < rtabel, dengan tingkat hubungan sedang Fhitung 4,026 dan Ftabel yang berarti nilai Fhitung < Ftabel. bersamasiswa . ) if hitung (0,444) antara bersamadan rtabel sedang. pada df: n
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik |
Date Deposited: | 09 Jun 2015 06:37 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20178 |
Actions (login required)
View Item |