PENGARUH PEMBERIAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

P., Nirmala Adhi Yoga (2012) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
nirmala a yp.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh pemberian reward dalam pembelajaran terhadap aktivitas siswa kelas X kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta; (2) mengetahui pengaruh pemberian reward dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas X kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta. Desain dari penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK PIRI 1 Yogyakarta yang terdiri dari 6 kelas. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode intact group, di mana sampel yang diambil adalah terdiri dari dua kelas yaitu kelas X TKR 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X TKR 5 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar observasi, tes dan wawancara. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan experts judgment dan untuk instrumen tes hasil belajar ditambah dengan analisis butir soal yaitu dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Uji reliabilitas untuk instrumen lembar observasi aktivitas siswa dihitung dengan rumus Alpha Chronbach sedangkan untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik uji-t dengan dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dengan diterapkannya pemberian reward dalam pembelajaran terhadap aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t data aktivitas siswa selama perlakuan yang menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel. Selain itu rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol; (2) Terdapat pengaruh yang positif dengan diterapkannya pemberian reward dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t data hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa t hitung yaitu sebesar 2,219 lebih besar jika dibandingkan dengan t tabel yang hanya sebesar 2,004. Selain itu rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 62,30 lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya sebesar 53,17.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemberian Reward dalam Pembelajaran, Aktivitas Siswa, dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 09 Jun 2015 06:17
Last Modified: 05 Mar 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20176

Actions (login required)

View Item View Item