PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI MARAHMELALUI TEKNIKANGER MANAGEMENT PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN

Nova Farid Hudaya, Nova (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI MARAHMELALUI TEKNIKANGER MANAGEMENT PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah pada siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 Moyudan melalui teknik anger management. Teknik anger management diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah yang meliputi aspek mengenali emosi marah, mengendalikan marah, meredakan emosi marah dan mengungkapkan emosi marah secara asertif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek berjumlah18 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kemampuan mengelola emosi marah, observasi dan wawancara, sedangkan instrumen yangdigunakan adalah kemampuan mengelola emosi marah, pedoman observasi dan pedomanwawancara. Reliabilitas skala kemampuan mengelola emosi marah sebesar 0,936 artinyamemiliki reliabilitas yang tinggi. Penelitian ini terdiri atas satu siklus. Siklus tersebut terdiri atas empat tindakan. Tindakan yang digunakan adalah memberikan pemahaman tentang mengelola emosi marah dan memberikan komitmen yang kuat terhadap siswa, melatih siswa mengungkapkan emosi marah melalui tulisan, melatih siswa untuk mengenali dan meredakan emosi marah, dan yang terakhir relaksasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif, dan diperkuat dengan analisis data kualitatif (observasi dan wawancara). Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik anger management dapat meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Peningkatan yang signifikan dibuktikan dengan hasil skor skala kemampuan mengelola emosi marah dan rata-rata skor pre test 101, 38; post test 117,22, rata-rata kenaikan yaitu 15, 83. Hasil tersebut diperkuat dengan wawancara dan observasi yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengelola emosi marah, seperti siswa mampu mengekspresikan emosi marahnya secara tepat, tidak memendam emosi marah secara terus menerus, mampu merefleksikan diri, dan mampu meredakan emosi marah apabila pikiran negatif mulai muncul agar emosi marah tersebut tidak meluap-luap. Selain itu, siswa memiliki motivasi untuk berubah dalam mengungkapkan emosi marah ke arah yang lebih baik lagi. Kata kunci : kemampuan mengelola emosi marah, anger management

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:13
Last Modified: 29 Jan 2019 23:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20170

Actions (login required)

View Item View Item