PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE THINK PAIR SHARE DI KELAS VIII B SMP NEGERI 1 JETIS

HUTAMI, TRAPSILA SIWI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE THINK PAIR SHARE DI KELAS VIII B SMP NEGERI 1 JETIS. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1. HALAMAN DEPAN IPS 09416244008 TRAPSILA SIWI HUTAMI.swf - Published Version

Download (862kB)
[img] Other (FIS Digital)
2. ABSTRAK IPS 09416244008 TRAPSILA SIWI HUTAMI.swf - Published Version

Download (58kB)
[img] Other (FIS Digital)
3. BAB I IPS 09416244008 TRAPSILA SIWI HUTAMI.swf - Published Version

Download (85kB)
[img] Other (FIS Digital)
4. BAB II IPS 09416244008 TRAPSILA SIWI HUTAMI.swf - Published Version

Download (199kB)
[img] Other (FIS Digital)
5. BAB III IPS 09416244008 TRAPSILA SIWI HUTAMI.swf - Published Version

Download (276kB)
[img] Other (FIS Digital)
6. BAB IV IPS 09416244008 TRAPSILA SIWI HUTAMI.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Other (FIS Digital)
7. BAB V IPS 09416244008 TRAPSILA SIWI HUTAMI.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Other (FIS Digital)
8. LAMPIRAN IPS 09416244008 TRAPSILA SIWI HUTAMI.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Jetis masih rendah. Hal itu disebabkan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share pada mata pelajaran IPS di kelas VIII B SMP Negeri 1 Jetis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Jetis tahun ajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi metode. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII B SMP Negeri 1 Jetis. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa sebesar 68,37% kemudian siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,70% menjadi 84,07%. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai tes siswa yang mencapai ketuntasan KKM ≥73. Pelaksanaan tes siklus I menunjukkan persentase sebesar 69,23% dengan 18 siswa yang nilainya tuntas, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 10,77% menjadi 80% dengan 24 siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat dikatakan pembelajaran kooperatif metode Think Pair Share pada mata pelajaran IPS dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII B SMP Negeri 1 Jetis. Kata Kunci: Think Pair Share, aktivitas, dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 09 Jun 2015 03:08
Last Modified: 29 Jan 2019 23:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20164

Actions (login required)

View Item View Item