Ruly Ningsih, Ruly (2015) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KEDISIPLINAN DAN SELF-CONTROL DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN DI SMK KARYA RINI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap kedisiplinan dengan tingkat kedisiplinan, (2) mengetahui hubungan self-control dengan tingkat kedisiplinan, dan (3) mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap kedisiplinan dan self-control dengan tingkat kedisiplinan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis survei. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Karya Rini Yogyakarta dengan populasi sebesar 258 siswa. Ukuran sampel pada penelitian ini adalah 157 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proporsionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala persepsi siswa terhadap kedisiplinan, skala self-control, dan skala tingkat kedisiplinan. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dengan menitik beratkan pada expert judgement. Reliabilitas skala diukur dengan alpha cronbach. Persepsi siswa terhadap kedisiplinan memiliki reliabilitas 0,819, skala self-control memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,805, dan skala tingkat kedisiplinan memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,869. Analisis data menggunakan teknik korelasi parsial dan teknik korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi siswa terhadap kedisiplinan dengan tingkat kedisiplinan dengan koefisien korelasi sebesar 0,504, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan self-control dengan tingkat kedisiplinan dengan koefisien korelasi sebesar 0,440, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan persepsi siswa terhadap kedisiplinan dan self-control dengan tingkat kedisiplinan dengan koefisien korelasi sebesar 0,596. Hubungan variabel x dengan y pada penelitian ini termasuk pada kategori sedang. Kata kunci : persepsi siswa terhadap kedisiplinan, self-control, tingkat kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 10 Jun 2015 00:13 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20162 |
Actions (login required)
View Item |