PENGARUH ASERTIVITAS DAN KEMATANGAN EMOSI TERHADAP PERILAKU KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMSR YOGYAKARTA

Nimas Gandadari, Nimas (2015) PENGARUH ASERTIVITAS DAN KEMATANGAN EMOSI TERHADAP PERILAKU KENAKALAN REMAJA PADA SISWA SMSR YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
NIMAS GANDADARI_11104244060.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Pengaruh asertivitas terhadap perilaku kenakalan remaja pada siswa SMSR Yogyakarta (2)Mengetahui pengaruh kematangan emosi terhadap perilaku kenakalan remaja pada siswa SMSR Yogyakarta dan; (3)Mengetahui pengaruh asertivitas dan kematangan emosi terhadap perilaku kenakalan remaja pada siswa SMSR Yogyakarta. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Sampel penelitian ini adalah kelas X, XI, XII siswa SMK N 3 Kasihan Bantul (SMSR) Yogyakarta yang berjumlah 244 siswa . Teknik pengambilan sampel dengan stratified proporsional random sampling.Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan instrumen berupa skala, yang terdiri dari skala asertivitas, skala kematangan emosi, dan skala perilaku kenakalan remaja. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1)Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara asertivitas terhadap perilaku kenakalan remaja dengan t_Hitung -2,527 menunjukan arah yang negatif dan sumbangan efektif 2,6%. Semakin tinggi asertivitas maka semakin rendah perilaku kenakalan remaja. (2)Terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara kematangan emosi terhadap perilaku kenakalan remaja dengan t_Hitung -4,095menunjukan arah yang negatif dan sumbangan efektif 6,5%. Semakin tinggi kematangan emosi maka semakin rendah perilaku kenakalan remaja dan; (3)Secara simultan terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara asertivitas dan kematangan emosi terhadap perilaku kenakalan remaja, denganF_Hitung 8,786 >3,04(F_tabel) dan sumbangan 6,8%. Semakin tinggi asertivitas dan kematangan emosi maka semakin rendah perilaku kenakalan remaja. Kata kunci:asertivitas, kematangan emosi, dan perilaku kenakalan remaja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:13
Last Modified: 29 Jan 2019 23:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20161

Actions (login required)

View Item View Item