PENINGKATAN KETERAMPILAN MENARI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG

Rafika, Tria (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENARI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SAWANGAN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Tria Rafika 08209241004.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menari peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Sawangan Kabupaten Magelang dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Juni 2012. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Sawangan Kabupaten Magelang yang berjumlah 31 orang, terdiri atas 16 orang peserta didik putri dan 15 orang peserta didik putra. Penelitian ini menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu: 1) perencanaan, 2) implementasi tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dan tes praktek tari. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran seni tari dan hasil penerapan tindakan yang dilakukan. Hasil penelitian ini sebagai berikut,a) Keterampilan menari peserta didik yang dilihat dari aspek wiraga, wirama, dan wirasa meningkat dari siklus I ke siklus II, yang ditandai dengan adanya peningkatan skor rata-rata yang diperoleh dari tes praktek pada akhir siklus, yaitu aspek wiraga sebesar 0,35, aspek wirama sebesar 0,36, dan aspek wirasa sebesar 0,32,b) Melalui pengamatan dari sebelum pelaksanaan tindakan sampai setelah pelaksanaan tindakan,kemandirian belajar peserta didik meningkat, yang dapat dilihat dari berkurangnya kebergantungan peserta didik terhadap guru dan mau belajar bersama teman, baik di dalam maupun di luar kelas. Peneliti juga mengadakan wawancara dengan guru dan beberapa peserta didik tentang penggunaan metode TPS dalam pembelajaran seni tari, dengan temuan bahwa metode TPS dapat meningkatkan keterampilan menari peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan keterampilan menari, Metode pembelajaran kooperatif, Teknik Think Pair Share
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 07:29
Last Modified: 29 Jan 2019 23:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20151

Actions (login required)

View Item View Item