UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM BERKREASI TARI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI BAGI SISWA KELAS V SDN 2 KARANGAN KECAMATAN BADEGAN KABUPATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Sayekti, Rani Puspa (2014) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM BERKREASI TARI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI BAGI SISWA KELAS V SDN 2 KARANGAN KECAMATAN BADEGAN KABUPATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rani Puspa Sayekti 10209241010.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dalam berkreasi tari melalui Strategi Pembelajaran Inquiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Karangan, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang didukung dengan pendekatan kuantitatif sederhana. Prosedur penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan yang diberikan pada siklus I dan II berupa penerapan Strategi Pembelajaran Inquiri yang terdiri dari enam tahap. Data yang diperoleh dari observasi, tes penampilan, dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah tingkat kreativitas siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran tari khususnya berkreasi tari dan hasil penerapan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukan ada peningkatan kreativitas siswa dalam berkreasi tari pada siswa kelas V SDN 2 Karangan, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo. Peningkatan kreativitas siswa ditunjukan dengan beragamnya gerakan yang didapatkan dan lebih percaya diri ketika tampil di depan kelas. Peningkatan kreativitas tersebut didukung dengan meningkatnya skor hasil tes siswa, rubik keaktifan siswa, dan angket kreativitas siswa. Pada siklus I persentase jumlah skor hasil tes siswa sebanyak 65,21%, pada siklus II meningkat sebanyak 34,21% menjadi 100%. Pada siklus I tingkat persentase keaktifan siswa 62%, pada siklus II meningkat sebanyak 21% menjadi 83%. Pada siklus I persentase angket kreativitas siswa dengan jawaban “Ya” sebanyak 57%, pada siklus II meningkat sebanyak 17,39% menjadi 75,21%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan kreativitas dalam berkreasi tari bagi siswa kelas V SDN 2 Karangan Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Berkreasi Tari, Strategi Pembelajaran Inquiri
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:53
Last Modified: 29 Jan 2019 23:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20146

Actions (login required)

View Item View Item