PENINGKATAN MINAT BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS VIII SMP N 2 WATES KULON PROGO DENGAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW

Hidayat, Rahmat (2014) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS VIII SMP N 2 WATES KULON PROGO DENGAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rahmat Hidayat 10209249005.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar seni tari siswa, rendahnya minat belajar siswa disebabkan oleh suasana pembelajaran yang masih bersifat teacher-centred. Melalui penerapan metode pembelajaran jigsaw diharapkan dapat meningkatkan minat dan keaktifan siswa, dalam proses pembelajaran seni tari yang berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Wates, setting penelitian adalah di SMP N 2 Wates yang terletak di JL. Wahid Hasyim Bendungan Wates Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini berlangsung dari bulan April 2014 sampai dengan Mei 2014. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan melaksanakan tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar penilaian, angket kuisioner, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pada tes siklus pertama siswa kurang memahami dan belum bisa mengerjakan tugas dengan baik. Siklus pertama ini ada 5 siswa yang belum tuntas, (2) Pada siklus kedua pembelajaran benar-benar berfungsi sebagai “perangsang” ide dan pikiran siswa. Penerapan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw dalam penelitian kiranya sangat tepat digunakan pada praktek tari Lancang Kuning. siswa sudah terlihat lebih baik daripada sebelumnya. Hal ini diperkuat dengan 25 siswa memenuhi kriteria tuntas. (3) penerapan tari Lancang Kuning sebagai upaya peningkatan kemampuan pada pembelajaran tari Lancang Kuning terbukti secara signifikan pada siswa kelas VIII SMP N 2 Wates.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning, jigsaw, tindakan kelas
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:49
Last Modified: 29 Jan 2019 23:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20145

Actions (login required)

View Item View Item