KORELASI ANTARA TINGKAT KEPEKAAN IRINGAN DAN HAFALAN GERAK DENGAN KETERAMPILAN MENARI SISWA KELAS DASAR DAN PENGEMBANGAN DI SANGGAR TARI KEMBANG SORE, RANTING KALASAN, SOROGENEN, SLEMAN, YOGYAKARTA

Yunianto, Natya Hayuningraras (2014) KORELASI ANTARA TINGKAT KEPEKAAN IRINGAN DAN HAFALAN GERAK DENGAN KETERAMPILAN MENARI SISWA KELAS DASAR DAN PENGEMBANGAN DI SANGGAR TARI KEMBANG SORE, RANTING KALASAN, SOROGENEN, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Natya Hayuningraras Yunianto 10209244030.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya korelasi antara kepekaan iringan, hafalan gerak, dan keterampilan menari siswa Sanggar Tari Kembang Sore. Metode penelitian ini berbasis pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Variabel bebas yaitu kepekaan iringan dan hafalan gerak, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan menari siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Instrumen pengumpulan data yang dipergunakan adalah lembar penilaian penampilan. Indeks reliabilitas inter rater (inter rater reliability) sebesar 0,776 (variabel kepekaan iringan), 0,785 (variabel hafalan gerak), dan 0,761 (variabel keterampilan menari). Teknik analisis data yang dipergunakan adalah Teknik Korelasi Product Moment dari Pearson dan Korelasi Ganda. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, dengan sampel 31 siswa SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama yang berbunyi, “ada hubungan yang positif dan signifikan antara kepekaan iringan dan keterampilan menari siswa” terbukti kebenarannya dengan rhitung lebih besar dari rtabel, yaitu 0,979 ≥ 0,355 dengan taraf signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Hipotesis kedua yang berbunyi, “ada hubungan yang positif dan signifikan antara hafalan gerak dan keterampilan menari siswa” terbukti kebenarannya dengan nilai rhitung lebih besar dari rtabel, yaitu 0,982 ≥ 0,355 dengan taraf signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Dan hipotesis ketiga yang berbunyi “ada hubungan yang positif dan signifikan antara kepekaan iringan dan hafalan gerak secara bersama-sama dengan keterampilan menari siswa” terbukti kebenarannya dengan nilai Rhitung lebih besar dari Rtabel, yaitu 0,986 ≥ 0,355 dengan taraf signifikansi 0,000 ≤ 0,05 dan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (Fhitung≥Ftabel) yaitu 484,925 ≥ 3,33.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kepekaan iringan, hafalan gerak, keterampilan menari
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:46
Last Modified: 29 Jan 2019 23:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20144

Actions (login required)

View Item View Item