PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL DAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK TARI : EKSPERIMEN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK 1 DEPOK, SLEMAN

Iswari, Mungil Ganni (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL DAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK TARI : EKSPERIMEN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK 1 DEPOK, SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mungil Ganni Iswari 10209241028.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji perbedaan efektivitas pembelajaran praktik tari dengan metode drill dan metode konvensional ditinjau dari hasil belajar praktik tari. Penelitian ini merupakan bentuk eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design, yaitu menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara acak. Penelitian ini terdiri atas satu variabel bebas, yaitu metode drill dan metode konvensional serta satu variabel terikat, yaitu hasil belajar praktik tari. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK N 1 Depok tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah kelas XI.PM.1 dan XI.PM.2. Data diperoleh dari hasil observasi, studi dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data meliputi: uji prasarat anilisis, uji hipotesis serta uji Scheffe. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas data dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan One Way Anova dengan SPSS 17 dan uji Scheffe. Uji Scheffe digunakan untuk membandingkan keefektifan kedua metode terhadap hasil belajar praktik tari. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Kedua kelas sampel penelitian bersifat homogen berdasarkan hasil perhitungan pre-test dengan taraf signifikansi hasil perhitungan lebih besar dari taraf signifikansi yaitu 0,924 > 0,05. Setelah diterapkan treatment pada kelas eksperimen yang menggunakan metode drill, terjadi perbedaan signifikan pada hasil belajar praktik tari dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Perbedaan signifikan tersebut berdasarkan perhitungan dengan One Way Anova yang menunjukkan F hasil perhitungan < yaitu 0,082 < 3,995. Hasil uji Scheffe menunjukkan F > F’ yaitu 167,8 > 3,99. Hal tersebut membuktikan bahwa metode drill lebih efektif dari metode konvensional ditinjau dari hasil belajar praktik tari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran drill, metode pembelajaran konvensional, hasil belajar praktik tari
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:41
Last Modified: 29 Jan 2019 23:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20141

Actions (login required)

View Item View Item