PENERAPAN METODE THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 4 WATES

Azizah, Primanisa Inayati (2013) PENERAPAN METODE THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 4 WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Halaman Depan IPS 08416241041 Primanisa Inayati Azizah.swf - Published Version

Download (358kB)
[img] Other (FIS Digital)
Abstrak IPS 08416241041 Primanisa Inayati Azizah.swf - Published Version

Download (44kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB I IPS 08416241041 Primanisa Inayati Azizah.swf - Published Version

Download (58kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB II IPS 08416241041 Primanisa Inayati Azizah.swf - Published Version

Download (147kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB III IPS 08416241041 Primanisa Inayati Azizah.swf - Published Version

Download (140kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB IV IPS 08416241041 Primanisa Inayati Azizah.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB V IPS 08416241041 Primanisa Inayati Azizah.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Other (FIS Digital)
LAMPIRAN IPS 08416241041 Primanisa Inayati Azizah.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode Think Pair Square di kelas VIII D SMP N 4 Wates. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian sebanyak 31 siswa kelas VIII D SMP N 4 Wates tahun ajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan selama tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari pelaksanakan empat komponen: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumetasi. Analisis data yang dilakukan adalah dengan langkah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Think Pair Square dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas. Aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukkan siswa dengan aktivitas belajar tinggi dan sangat tinggi 56,67%. Pada siklus II siswa dengan aktivitas belajar tinggi dan sangat tinggi sebesar 82,86%. Pada siklus III jumlah siswa dengan aktivitas belajar tinggi dan sangat tinggi sebesar 90,32%. Peningkatan kemampuan berpikir kritis juga terlihat pada setiap siklusnya. Pada siklus I siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dan sangat tinggi 33,33%. Pada siklus II jumlah siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dan sangat tinggi sebesar 80,64%. Pada siklus III jumlah siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dan sangat tinggi 99,76%. Adanya peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kritis hingga mencapai target ≥ 75% pada kategori tinggi dan sangat tinggi menunjukkan bila penelitian ini dikatakan berhasil. Kata Kunci : Metode Think Pair Square, Aktivitas Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:42
Last Modified: 29 Jan 2019 23:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20140

Actions (login required)

View Item View Item