PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TARI LUYUNG UNTUK PEMBELAJARAN SENI TARI SISWA SMP

Dwyariessa, Manzatinofanie (2014) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TARI LUYUNG UNTUK PEMBELAJARAN SENI TARI SISWA SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Manzatinofanie Dwyariessa 10209241021.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tari Luyung merupakan tari kreasi baru yang menjadi materi wajib dalam pembelajaran seni tari siswa SMP di Kabupaten Klaten. Dalam pembelajaran tari Luyung memerlukan visualisasi yang jelas, agar siswa dapat dengan mudah mempelajarinya. Untuk keperluan tersebut, dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat memvisualisasikannya. Salah satu upayanya adalah menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran tari Luyung yang tervalidasi oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran serta layak digunakan untuk pembelajaran seni tari siswa SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) produk multimedia interaktif tari Luyung untuk pembelajaran seni tari siswa SMP. Pengembangan media ini melalui 8 langkah yang diadopsi dari Borg & Gall yang disederhanakan yaitu : (1) pengumpulan informasi awal, (2) merancang produk, (3) pengumpulan bahan, (4) pembuatan media, (5) uji coba awal, (6) revisi produk, (7) uji coba lapangan, dan (8) produk jadi. Subjek penelitian ini adalah 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 5 orang siswa pada uji coba terbatas, dan 30 orang siswa pada uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar evaluasi media untuk ahli materi, lembar evaluasi media untuk ahli media, dan lembar evaluasi media untuk siswa. Hasil penelitian ini adalah dikembangkannya produk multimedia interaktif tari Luyung untuk pembelajaran seni tari siswa SMP yang dikemas dalam bentuk DVD. Dalam pembuatannya menggunakan beberapa software yaitu : Autoplay Media Studio 8, Wondershare Quiz Creator 8, Any Video Converter, Corel DRAW X4, dan Swish Max 4. Hasil evaluasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4, hasil evaluasi ahli media memperoleh nilai rata-rata 3,21, dan hasil evaluasi media pada uji coba lapangan mendapat nilai 3,3. Nilai tersebut ≥ 3. Maka, multimedia interaktif tari Luyung termasuk dalam kriteria media yang baik, sehingga dinyatakan layak untuk dipergunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Tari Luyung, Pembelajaran Tari, Siswa SMP
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:38
Last Modified: 29 Jan 2019 23:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20139

Actions (login required)

View Item View Item