PENINGKATAN KEMAMPUAN KONSENTRASI PADA PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 1 SLEMAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL

Permatasari, Fitria Dwi (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONSENTRASI PADA PEMBELAJARAN SENI TARI UNTUK ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 1 SLEMAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fitria Dwi Permatasari 10209241029.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan konsentrasi pada pembelajaran seni tari untuk Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada 4 Maret sampai dengan 3 April 2014 dengan dua Siklus. Setiap Siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII dan IX di SLB Negeri 1 Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 9 orang. Data diperolehdari hasil observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bukti validitas proses, hasil, dan demokrasi dengan reabilitas menggunakan teknik triangulasi. Ada peningkatan kemampuan konsentrasi pada pembelajaran seni tari untuk Anak Tunagrahita di SLB Negeri 1 Sleman, Yogyakarta. Peningkatan konsentrasi pembelajaran siswa tampak pada kualitas proses yang ditunjukkan oleh antusias dan keaktifan siswa ketika mengikuti pembelajaran seni tari. Peningkatan pada kualitas hasil dapat dilihat dari peningkatan skor dan nilai rata-rata pada saat sebelum pelaksanaan dan sesudah pelaksanaan tindakan. Total nilai tertinggi semua aspek sebesar 500. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan sebesar 63,8. Pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 68, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,1. Kenaikan nilai rata-rata dari pratindakan hingga Siklus II sebesar 13,3 dan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Presentase nilai TUNTAS Kondisi Awal yaitu 44,4% dengan nilai 63,8, Siklus I yaitu 88,89%, dan Siklus II yaitu 100%. Hasil peningkatan kondisi awal ke siklus I adalah 44,49%. Sedangkan Siklus I ke Siklus II yaitu 11,11%. Dari hasil penelitian di atas diketahui bahwa penggunaan pembelajaran berbasis permainan tradisional ini, dinilai berhasil meningkatkan kemampuan konsentrasi pembelajaran seni tari Anak Tunagrahita di SLB Negeri 1 Sleman, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kemampuan Konsentrasi pada Pembelajaran Seni Tari, Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:26
Last Modified: 29 Jan 2019 23:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20134

Actions (login required)

View Item View Item