HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KEGIATAN MENGAJAR GURU DENGAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 3 PUNGGELAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Merlinawati, Anisa (2013) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KEGIATAN MENGAJAR GURU DENGAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 3 PUNGGELAN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1. IPS 09416244054 Anisa Merlinawati Halaman Awal.swf - Published Version

Download (1MB)
[img] Other (FIS Digital)
8. IPS 09416244054 Anisa Merlinawati Abstrak.swf - Published Version

Download (90kB)
[img] Other (FIS Digital)
2. IPS 09416244054 Anisa Merlinawati BAB I.swf - Published Version

Download (98kB)
[img] Other (FIS Digital)
3. IPS 09416244054 Anisa Merlinawati BAB II.swf - Published Version

Download (307kB)
[img] Other (FIS Digital)
4. IPS 09416244054 Anisa Merlinawati BAB III.swf - Published Version

Download (375kB)
[img] Other (FIS Digital)
5. IPS 09416244054 Anisa Merlinawati BAB IV.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Other (FIS Digital)
6. IPS 09416244054 Anisa Merlinawati BAB V.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Other (FIS Digital)
7. IPS 09416244054 Anisa Merlinawati Lampiran.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Aktivitas siswa merupakan hal penting dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kegiatan mengajar guru dengan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS di SMP N 3 Punggelan tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah siswa SMP Negeri 3 Punggelan, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah yang berjumlah 449 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 193 siswa dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 responden pada populasi penelitian di luar sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode ini digunakan untuk mengumpulkan data variabel persepsi siswa tentang kegiatan mengajar guru dan variabel aktivitas siswa. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Adapun penerimaan dan penolakan uji hipotesis tersebut menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kegiatan mengajar guru dengan aktivitas siswa pada pembelajaran IPS di SMP N 3 Punggelan tahun ajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari koefisien determinan (R2) sebesar 0,280. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa perubahan pada variabel aktivitas siswa ditentukan oleh persepsi siswa tentang kegiatan mengajar guru sebesar 28%, sedangkan sisanya 72% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: persepsi siswa, kegiatan mengajar guru, aktivitas siswa, dan pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:23
Last Modified: 29 Jan 2019 23:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20130

Actions (login required)

View Item View Item