PERBEDAAN KERJASAMA SISWA ANTARA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN YANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 WATES TAHUN AJARAN 2012/2013

Azharotunnafi, . (2013) PERBEDAAN KERJASAMA SISWA ANTARA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN YANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 WATES TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1. IPS 09416241021 Azharotunnafi HALAMAN DEPAN.swf - Published Version

Download (948kB)
[img] Other (FIS Digital)
2. IPS 09416241021 Azharotunnafi ABSTRAK.swf - Published Version

Download (58kB)
[img] Other (FIS Digital)
3. IPS 09416241021 Azharotunnafi BAB I.swf - Published Version

Download (57kB)
[img] Other (FIS Digital)
4. IPS 09416241021 Azharotunnafi BAB II.swf - Published Version

Download (191kB)
[img] Other (FIS Digital)
5. IPS 09416241021 Azharotunnafi BAB III.swf - Published Version

Download (146kB)
[img] Other (FIS Digital)
6. IPS 09416241021 Azharotunnafi BAB IV.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Other (FIS Digital)
7. IPS 09416241021 Azharotunnafi BAB V.swf - Accepted Version

Download (70kB)
[img] Other (FIS Digital)
8. IPS 09416241021 Azharotunnafi LAMPIRAN.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kerjasama untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa. Realita dalam pembelajaran masih banyak siswa yang belum menerapkan prinsip kerjasama, sehingga terjadi kesenjangan antara siswa yang pandai dan siswa yang memiliki pengetahuan rendah. Oleh karena itu dibutuhkan metode untuk dapat meningkatkan kerjasama siswa, yaitu metode jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kerjasama siswa antara kelas yang menggunakan metode jigsaw dan yang menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Wates tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi experiment. Desain penelitian yaitu nonrandomized pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 2 Wates. Sampel penelitian yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Instrumen angket divalidasi dengan expert judgement dan reliabilitas angket dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Levene. Analisis data dalam penelitian eksperimen ini menggunakan analisis statistik independent-sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kerjasama siswa pada kelas yang menggunakan metode jigsaw dengan kelas yang menggunakan metode diskusi. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis statistik independent-sample t-test angket, signifikansi P value adalah 0,001 yang berarti kurang dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan, kerjasama siswa dengan menggunakan metode jigsaw dan metode diskusi pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Wates tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: Metode Jigsaw, Diskusi, Kerjasama Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:12
Last Modified: 29 Jan 2019 23:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20127

Actions (login required)

View Item View Item