PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 2 SRANDAKAN

Hapsari, Soraya Yuli (2013) PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 2 SRANDAKAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
HALAMAN DEPAN IPS 09416241003 Soraya Yuli Hapsari.swf - Published Version

Download (542kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB I IPS 09416241003 Soraya Yuli Hapsari.swf - Published Version

Download (78kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB II IPS 09416241003 Soraya Yuli Hapsari.swf - Published Version

Download (134kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB III IPS 09416241003 Soraya Yuli Hapsari.swf - Published Version

Download (138kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB IV IPS 09416241003 Soraya Yuli Hapsari.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Other (FIS Digital)
bab V IPS 09416241003 Soraya Yuli Hapsari.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Other (FIS Digital)
Lampiran IPS 09416241003 Soraya Yuli Hapsari.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis kurang dikembangkan di sekolah. Keadaan tersebut terjadi di SMP N 2 Srandakan dalam pembelajaran IPS berpikir kritis siswa yang rendah ditambah lagi hasil belajar siswa rendah. Rendahnya berpikir kritis dan hasil belajar siswa menjadikan guru harus mampu untuk menerapkan metode yang dapat meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, salah satunya adalah metode Creative Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMP N 2 Srandakan. Desain penelitian ini Pre Experimental dan jenis penelitian berupa one-group pretest-posttest design. Metode Creative Problem Solving sebagai variabel bebas dan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Subyek penelitian menggunakan kelas VIII E di SMP N 2 Srandakan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Instrumen angket dan divalidasi menggunakan validasi eksternal. Instrumen observasi dan tes divalidasi expert judgement. Uji reliabilitas angket menggunakan rumus Cronbach's Alpha, sedangkan tes menggunakan rumus split half. Uji normalitas menggunakan uji chi kuadrat, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Levene. Analisis data dalam penelitian eksperimen ini menggunakan analisis statistik paired-samples t-test. Hasil penelitian ini ada pengaruh metode Creative Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMP N 2 Srandakan. Dibuktikan dengan analisis statistik paired-samples t-test yakni perbedaan antara hasil angket sebelum dan angket sesudah, kenaikan sebesar 3.3226 dengan nilai thitung > ttabel (2.688 > 1,671) dan p < 0,05 (p = 0,012 < 0,05). Pada hasil belajar rata-rata skor pretest 46.0194 dan posttest meningkat menjadi 77.8452, kenaikan sebesar 31.8258 dengan nilai thitung > ttabel (12.066 > 1,671) dan < 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Disimpulkan hipotesis pertama Ho1 ditolak dan Ha1 diterima sehingga ada pengaruh terhadap kemampuan berpikir. Hipotesis kedua Ho2 ditolak dan Ha2 diterima sehingga ada pengaruh terhadap hasil belajar. Jadi metode Creative Problem Solving berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMP N 2 Srandakan. Kata kunci: Metode Creative Problem Solving, Berpikir Kritis, Hasil Belajar Pembelajaran, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:04
Last Modified: 29 Jan 2019 23:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20126

Actions (login required)

View Item View Item