PERBEDAAN INTERAKSI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN YANG MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DI SMP NEGERI 2 TEMPEL

Nurhayati, Fitri (2013) PERBEDAAN INTERAKSI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DAN YANG MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DI SMP NEGERI 2 TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Halaman Awal IPS 09416241031 Fitri Nurhayati.swf - Published Version

Download (363kB)
[img] Other (FIS Digital)
Abstrak IPS 09416241031 Fitri Nurhayati.swf - Published Version

Download (67kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB I IPS 09416241031 Fitri Nurhayati.swf - Published Version

Download (63kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB II IPS 09416241031 Fitri Nurhayati.swf - Published Version

Download (140kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB III IPS 09416241031 Fitri Nurhayati.swf - Published Version

Download (173kB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB IV IPS 09416241031 Fitri Nurhayati.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Other (FIS Digital)
BAB V IPS 09416241031 Fitri Nurhayati.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan antara interaksi belajar siswa yang menggunakan metode Numbered Heads Together dengan yang menggunakan metode ceramah; dan 2) Perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode Numbered Heads Together dengan menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (quasi experimental design) dengan jenis desain nonequivalent control group design yaitu dua kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol) yang dipilih tidak secara random diberi pre-test untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kedua kelompok. Subjek penelitian yakni siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, angket, soal pre-test & post-test. Teknik analisis data menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan interaksi belajar siswa antara yang menggunakan metode Numbered Heads Together dengan yang menggunakan metode ceramah karena berdasarkan observasi, persentase hasil observasi metode Numbered Heads Together lebih tinggi dari persentase hasil observasi metode ceramah (86,25%>53,75%; 88,75%>58,75%; 84%>56%; 85,33%>57,33%). Dari angket, diperoleh persentase hasil angket interaksi metode Numbered Heads Together lebih tinggi dari persentase hasil angket interaksi metode ceramah (83,86%>57,40%). Dari hasil uji-t, diperoleh nilai thitung > ttabel (3,795>1,994) juga diperoleh nilai sig. 0,000<0,05 taraf signifikansi 5%; 2) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode Numbered Heads Together dengan yang menggunakan metode ceramah karena berdasarkan rerata hasil tes, rerata hasil tes dengan metode Numbered Heads Together lebih tinggi dari rerata hasil tes dengan metode ceramah (84,44>68,33; 83,06>69,17). Dari hasil uji-t, diperoleh nilai thitung > ttabel (9,291>1,994 dan 7,957>1,994) juga diperoleh nilai sig. 0,000<0,05 taraf signifikansi 5%. Kata Kunci: Numbered Heads Together, Interaksi Belajar, Hasil Belajar IPS, Ceramah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:58
Last Modified: 29 Jan 2019 23:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20125

Actions (login required)

View Item View Item