Solikhah, Novia Harum (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE BERBASIS PORTOFOLIO TIPE SHOW CASE DI KELAS IX C SMP NEGERI 1 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Other (FIS Digital)
1.COVER SKRIPSI_docx IPS 09416241041 Novia Harum Solikhah.swf - Published Version Download (859kB) |
|
Other (FIS Digital)
2.ABSTRAK IPS 09416241041 Novia Harum Solikhah.swf - Published Version Download (54kB) |
|
Other (FIS Digital)
3. BAB I_docx IPS 09416241041 Novia Harum Solikhah.swf - Published Version Download (158kB) |
|
Other (FIS Digital)
4. BAB II_docx IPS 09416241041 Novia Harum Solikhah.swf - Published Version Download (363kB) |
|
Other (FIS Digital)
5. BAB III_docx IPS 09416241041 Novia Harum Solikhah.swf - Published Version Download (257kB) |
|
Other (FIS Digital)
6. BAB IV_docx IPS 09416241041 Novia Harum Solikhah.swf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
Other (FIS Digital)
7. BAB V+daf.pustaka_docx IPS 09416241041 Novia Harum Solikhah.swf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (112kB) |
|
Other (FIS Digital)
8. LAMPIRAN SKRIPSI_docx IPS 09416241041 Novia Harum Solikhah.swf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian berawal dari masalah rendahnya aktivitas belajar dan kreativitas siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Klaten. Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya meningkatkan dan hasil upaya meningkatkan aktivitas belajar dan kreativitas siswa pada pembelajaran IPS menggunakan metode berbasis portofolio tipe show case di kelas IX C SMP N 1 Klaten. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan tindakan apabila rata-rata persentase setiap indikator ≥76%. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dengan kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan upaya meningkatkan aktivitas belajar dan kreativitas siswa dilakukan: 1) merumuskan masalah, mengumpulkan informasi dari masalah yang dikaji, membuat portofolio kelas, menyajikan portofolio show case, yang dikembangkan: pembagian kelompok secara acak, penggunaan variasi sumber belajar, dan pemberian reward. 2) Penerapan metode berbasis portofolio tipe show case dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kreativitas siswa. Dibuktikan dengan indikator.aktivitas belajar siswa pada siklus I 61%, dan siklus II 84%. Kreativitas siswa pada siklus I 54%, siklus II 81%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II mencapai ≥76%, melebihi dari kriteria yang ditentukan, sehingga penelitian dikatakan berhasil. Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Portofolio tipe Show Case, Aktivitas Belajar, Kreativitas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 08 Jun 2015 04:53 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20124 |
Actions (login required)
View Item |