PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Irawati, Dwi and Listyani, Endang (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan problem posing pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk siswa SMP kelas VIII serta mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS. Kualitas RPP ditinjau dari kevalidan, sedangkan kualitas LKS ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan yang digunakan dalam megembangkan LKS adalah model ADDIE yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket validasi perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan RPP dan LKS, angket respon siswa dan respon guru untuk mengukur kepraktisan LKS, serta soal tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan LKS. Penelitian ini melibatkan beberapa validator, yaitu dua dosen ahli dan satu guru matematika. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran dengan pendekatan problem posing berupa RPP dan LKS pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk siswa kelas VIII. Perangkat pembelajaran ini diujicobakan kepada 32 siswa kelas VIII f SMP N 1 Patimuan selama empat pertemuan dimulai pada tanggal 21 Februari 2015 sampai 4 Maret 2015. Berdasarkan hasil penilaian RPP oleh validator, diperoleh rata – rata skor 3,20 dengan klasifikasi “Baik” sehingga RPP dinyatakan valid karena memenuhi klasifikasi penilaian RPP minimal “Baik”. Berdasarkan hasil penilaian LKS oleh ahli materi diperoleh rata-rata skor 3,09 dengan klasifikasi “Baik”. Sedangkan hasil penilaian oleh ahli media diperoleh rata – rata skor 3,09 dengan klasifikasi “Baik”. Berdasarkan angket respon guru diperoleh skor 3,16 dengan klasifikasi “Baik”. Sedangkan berdasarkan angket respon siswa diperoleh skor 3,32 dengan klasifikasi “Sangat Baik”. Dengan demikian makan LKS dinyatakan valid dan praktis karena memenuhi klasifikasi penilaian LKS minimal “Baik”. Analisis hasil tes belajar menunjukkan persentase ketuntasan belajarsiswa secara klasikal sebesar 75% sehingga LKS dinyatakan efektif karena memenuhi ketentuan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal ≥75%. Kata Kunci :Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Problem Posing, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:13
Last Modified: 29 Jan 2019 23:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20116

Actions (login required)

View Item View Item